Nahkoda Positif Covid-19, 9 Kru Dites Swab Antigen di Atas Kapal

Sigit Dzakwan, iNews · Selasa 18 Mei 2021 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 340 2411709 nahkoda-positif-covid-19-9-kru-dites-swab-antigen-di-atas-kapal-2zh9gwjuam.jpg Tes swab antigen dilakukan di atas kapal setelah sang nahkoda positif Covid-19 (Foto : iNews/Sigit)

KOTAWARINGIN BARAT - Nakhoda kapal pengangkut barang, Tirta Samudara XXXVIII berinisial DA dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan oleh tim Gugus Tugas Covid-19 Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng. Sebelumnya kapal ini bersandar di Pelabuhan Panglima Utar Kumai pekan lalu.

“Untuk nahkoda yang positif Covid-19 kini sedang dirawat di Rumah Sakit Imanuddin Pangkalan Bun,” ujar tim gabungan yang juga Babinsa Kumai Hulu Serka Hengky, Koramil 1014 -02/Kumai sata dikonfirmasi MNC Media Selasa (18/5/2021).

Ia melanjutkan, menindaklanjuti hal ini akhirnya 9 kru kapal dilakukan swab antigen di atas kapal oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Kumai dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat bertempat di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Senin 17 Mei 2021.

“Pelaksanaan rapid antigen dilakukan dengan pengawalan bersama Bhabinkamtibmas, Petugas KKP, KPLP, dan KP3 Kumai. Sebanyak 9 orang kru Kapal mengikuti Rapid Antigen,” ujar Hengky.

Ia menjelaskan, untuk menjamin kelancaran rapid antigen bagi 9 kru kapal, babinsa dan Bhabinkamtibmas selalu melakukan pendampingan. “Mengenai hasil pemeriksaan Rapid Antigen yang telah dilakukan silahkan berhubungan dengan petugas dari dinas kesehatan tekait untuk mengetahui hasilnya.”

Baca Juga : 4.601 WNI di Luar Negeri Positif Corona, 193 Orang Meninggal Dunia

Tes rapid antigen ini dilakukan dalam rangka deteksi dini atau antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan Pelabuhan Panglima Utar Kumai khususnya kru kapal yang melayani pelayaran menuju dan dari Pulau Jawa.

“Hal ini sebagai upaya untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 dan mengantisipasi secara dini penyebarannya terhadap kru Kapal dan Petugas lainnya di pelabuhan,” kata dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini