Alasan Unhan RI Berikan Gelar Doktor Honoris Causa pada Ryamizard Ryacudu

Riezky Maulana, iNews · Kamis 20 Mei 2021 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 20 65 2413134 alasan-unhan-ri-berikan-gelar-doktor-honoris-causa-pada-ryamizard-ryacudu-ne61NJ7L5w.jpg Ryamizard Ryacudu dapat gelar doktor honoris causa dari Unhan RI (Foto : iNews)

JAKARTA - Mantan Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu mendapatkan gelar doktor kehormatan atau honoris causa dari Universitas Pertahan Republik Indonesia (Unhan RI) pada Kamis (20/5/2021). Sidang dibuka oleh Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian selaku Ketua Senat Unhan yang didampingi Menhan Prabowo Subianto.

Octavian menyampaikan, penganugerahan gelar kehormatan ini juga selaras dengan peta jalan pencapaian Universitas Pertahanan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas Program Doktoral yang telah berjalan sejak 2018.

"Prestasi akademik Jenderal TNI (Purn) Dr. (H.C) Ryamizard Ryacudu merupakan teladan bagi para prajurit TNI untuk semakin bersemangat menimba ilmu di Universitas Pertahanan," tulis keterangan tertulis dari Unhan yang diterima, Kamis (20/5/2021).

Ryamizrd membuat artikel ilmiah dengan judul Bela Negara sebagai Dasar Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta dalam Menghadapi Ancaman Militer, Non militer dan Hibrida. Hal itu pun memberi makna dan implementasi Bela Negara sebagai dasar yang kokoh untuk Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

"Sejak tahun 1945 Sishankamrata telah terbukti mampu dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan yang telah direbut dari penjajah. Bahkan Sishankamrata juga terbukti berhasil dalam memadamkan berbagai pemberontakan yang terjadi selama ini," tulis Unhan lagi.

Kini Sishankamrata, sanbung Unhan juga dituntut harus mampu menghadapi terorisme dan radikalisme yang dilakukan oleh aktor non negara. Menurut Unhan, Sishankamrata dapat dikerahkan untuk menghadapi ancaman Pandemi Covid-19.

"Sishankamrata harus dapat diyakini oleh seluruh rakyat Indonesia untuk menghadapi berbagai bentuk ancaman yang dilakukan oleh aktor negara dan aktor non negara," jelas Unhan.

Baca Juga : Ryamizard Ryacudu Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Unhan RI

Gelar doktor kehormatan Ilmu Pertahanan bidang Strategi Pertahanan Semesta dianugerahkan kepada Ryamizard Ryacudu dengan pertimbangan jasa dan karya yang luar biasa di bidang ilmu pertahanan, teknologi pertahanan, kemanusiaan dan bidang kemasyarakatan. Pertimbangan jasa dan karya serta komitmen pada bidang tersebut menjadi sangat berarti dan bermanfaat bagi kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Dalam orasinya, Ryamizard menyebutkan bahwa, perkembangan lingkungan strategis di abad 21 diwarnai oleh kemunculan berbagai ancaman militer, nonmiliter, dan hibrida yang bersumber dari aktor negara dan non-negara di dalam dan luar negeri. Baik itu di darat, laut, udara, hingga siber.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini