MNC Peduli x HAFECS Gelar Webinar Pendidikan, Jessica Tanoesoedibjo: Hard & Soft Skill Penting di Abad 21 Ini

Fahmi Firdaus , Okezone · Sabtu 22 Mei 2021 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 65 2414095 mnc-peduli-x-hafecs-gelar-webinar-pendidikan-jessica-tanoesoedibjo-hard-soft-skill-penting-di-abad-21-ini-404a2F6wJ3.jpg foto: ist

JAKARTA - MNC Peduli berkolaborasi dengan HAFECS dalam webinar bertajuk Innovation School Leaders & Teachers Forum (ISLTF) ke-40 dan peluncuran platform siswainovatif.id.

(Baca juga: Breaking News! Massa Menyerang Kapolda Papua di Rumah Duka Wagub Klemen Tinal)

Webinar ini digelar pada Sabtu (22/52021) pukul 13.00 WIB secara online melalui Zoom dan Live Youtube dengan diikuti lebih dari 3.000 peserta yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, guru, dosen, orangtua dan praktisi pendidikan.

Webinar yang rutin dilakukan HAFECS ini turut mengundang pembicara-pembicara profesional dalam bidangnya seperti Direktur HAFECS, Dr. (Cand) Zulfikar Alimuddin serta Ketua MNC Peduli, Jessica Herliani Tanoesoedibjo.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, meningkatkan kualitas pengelolaan sistem pengajaran-pembelajaran, memberikan insight dan serta pandangan baru di dunia pendidikan.

(Baca juga: Eksekutor Napi Cebongan Serda Ucok Bergabung ke Satuan Telik Sandi?)

ISLTF 40 HAFECS mengusung tema "Pengembangan 21st Century Skills dalam Pendidikan".

Kemudian, menurut Zulfikar Alimuddin, kita harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. "Jika kita masih terpaku mengajarkan materi-materi seperti di zaman lampau atau di zaman ini dengan pendekatan yang kurang tepat, niscaya siswa-siswi kita tambah tidak tertarik untuk sekolah. Jadi apa yang membuat mereka tertarik, jawabannya kalau materi-materi itu terhubung dengan zaman ini," ujarnya.

Dalam pemaparannya Zulfikar menyampaikan bahwa sangat penting dalam 21st Century Education ini untuk memiliki 5 C yaitu Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration, dan Career Readiness.

Adapun Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, 21st Century Skills dalam Pendidikan adalah suatu visi untuk proses pembelajaran untuk menjamin kesuksesan setiap pelajar di tengah dunia yang terus berubah sehingga kita dituntut untuk tidak pernah berhenti belajar.

Dalam pemaparannya Jessica juga menyampaikan, dalam 21st Century Skills tidak hanya dibutuhkan hard skill namun juga soft skill dan bahwa keduanya adalah hal yang terpisah namun saling terkait.

“Bahwa dengan dunia informasi yang terbuka saat ini, kita harus mempunyai literacy skill dalam menyikapi informasi yang ada,” papar Jessica.

Selanjutnya, dengan memperhatikan dunia pendidikan saat ini, HAFECS juga turut meluncurkan program Siswa Inovatif yang dibentuk dengan tujuan menghadirkan pembelajaran yang lebih inovatif dan fun agar mampu memberi trigger para siswa dalam menguasai HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan menjadi lebih kreatif dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.

Siswa Inovatif merupakan suplemen pembelajaran berupa kelas online yang dapat diakses dimanapun, yang didalamnya terdapat penguatan materi di sekolah, persiapan ujian atau tes (UTS, UAS, SNMPTN, UTBK, STIS, STAN) dan 21st Century Skills yang penting untuk dimiliki para siswa Indonesia.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini