Biarawati Selewengkan Rp12 Miliar Dana Sekolah Katolik Untuk Biayai Perjalanan Judi

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 09 Juni 2021 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 18 2422619 biarawati-selewengkan-rp12-miliar-dana-sekolah-katolik-untuk-biayai-perjalanan-judi-shN0qZFN3O.jpg Suster Mary Margaret Kreuper. (Foto: Sekolah Katolik St. James)

SACRAMENTO - Seorang biarawati California, Amerika Serikat akan mengaku bersalah atas tuduhan penggelapan lebih dari USD835.000 (sekira Rp12 miliar) dari sekolah dasar Katolik yang dia jalankan. Uang itu dia gunakan untuk membantu membayar perjalanannya untuk berjudi, kata jaksa federal.

Suster Mary Margaret Kreuper, (79 tahun), pada Selasa (8/6/2021) didakwa dengan penipuan kawat dan pencucian uang karena merampok Sekolah Katolik St. James selama jangka waktu 10 tahun yang berakhir pada September 2018, demikian menurut siaran pers dari Kantor Kejaksaan AS di Distrik Pusat California yang dilansir New York Post.

BACA JUGA: Paus Fransiskus Revisi UU Gereja Katolik Soal Pelecehan Seksual

Kreuper, yang menjadi kepala sekolah tersebut selama 28 tahun, setuju untuk mengaku bersalah sebagai bagian dari kesepakatan dengan jaksa.

Menurut rilis tersebut, Kreuper menggunakan posisinya untuk menyalurkan USD835.339 dari dana sekolah "untuk membayar biaya yang tidak akan disetujui, apalagi dibayar, termasuk biaya perjudian besar yang dikeluarkan di kasino dan biaya kartu kredit tertentu," menurut kesepakatan pembelaan.

BACA JUGA: Bus Pesta Diberondong Tembakan, 2 Orang Tewas dan 5 Terluka

Biarawati itu bertugas mengawasi uang sekolah, biaya yang diterima sekolah dan sumbangan amal, kata jaksa.

Dia juga mengendalikan rekening serikat kredit sekolah, yang dia gunakan untuk mengalihkan dana lain ke dalam yang kemudian akan dia gunakan untuk pengeluaran, menurut jaksa.

Jaksa mengatakan dia juga mengaku memalsukan catatan keuangan sekolah.

Dia akan diadili pada 1 Juli.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini