Menhan RI Resmikan Resimen Kadet Mahasiswa S1 Unhan RI

Tim Okezone, Okezone · Rabu 09 Juni 2021 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 65 2422416 menhan-ri-resmikan-resimen-kadet-mahasiswa-s1-unhan-ri-DPBnQuGTPl.jpeg Menhan Prabowo (foto:ist)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto meresmikan Resimen Kadet Mahasiswa S1, Universitas Pertahanan (Unhan) RI di depan Gedung Jenderal Soedirman Kemenhan RI, pada tanggal 9 Juni 2021.

Bendera Resimen diserahkan langsung oleh Menhan RI kepada Komandan Resimen Kadet Mahasiswa atas nama Kopral Kadet Mahasiswa Rendy Cahya Aditya dari Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, Fakultas Teknik Militer.

Baca juga;  Rektor UNHAN RI Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Tetap

Upacara dihadiri Wamenhan RI Letjen TNI M. Herindra, Sekjen Kemhan RI, Irjen Kemhan RI, para pejabat dari Mabes TNI dan ketiga Mabes Angkatan. Hadir pula Rektor Unhan RI Laksdya TNI Prof. Dr. Amarulla Octavian didampingi para pejabat eselon I dan II Unhan RI.

Pada saat yang sama Menhan juga meresmikan kenaikan pangkat dari Prajurit Kadet Mahasiswa menjadi Kopral Kadet Mahasiswa sebanyak 300 Kadet Mahasiswa yang diwakili oleh Kopral Kadet Mahasiswa Rido Ginting dari Prodi Biologi dan Kopral Kadet Mahasiswi Sionvhory Svidarvy Sroyer dari Prodi Farmasi. Keduanya dari Fakultas MIPA Militer.

Baca juga;  Megawati Jadi Profesor Kehormatan Unhan, Apa Alasannya?

Rangkaian upacara diawali dengan parade bersenjata dan ditutup dengan defile bersenjata didahului Kelompok Bendera Resimen dan Batalyon disusul berturut-turut Kompi A, Kompi B dan Kompi C Kadet Mahasiswa dalam formasi batalyon defile.

Upacara tersebut menjadi tradisi baru di lingkungan Kemhan RI dan TNI setara dengan tradisi di Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Angkatan Udara (AAU). Beberapa kalangan akademisi menilai tradisi yang baik ini juga dilakukan oleh berbagai universitas pertahanan negara lain.

Peresmian Resimen Kadet Mahasiswa sekaligus Kenaikan Pangkat menjadi Kopral Kadet Mahasiswa menambah semangat para Kadet Mahasiswa untuk belajar lebih tekun menimba ilmu pertahanan. Seluruh kegiatan berjalan lamcar dan khidmat mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini