UI Masuk 300 Universitas Terbaik Dunia

Antara, · Rabu 09 Juni 2021 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 65 2422602 ui-masuk-300-universitas-terbaik-dunia-dIBi43HHzV.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) masuk dalam 300 besar universitas terbaik di dunia versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking.

Rektor UI Prof Ari Kuncoro mengatakan bahwa kerja keras UI sangat dibutuhkan lantaran sebagai universitas kelas dunia dalam komunitas perguruan tinggi global.

"Saya sangat berterima kasih kepada semua elemen di UI yang terus berkontribusi memberikan sumbangsih dan bergerak menuju UI yang lebih baik, sekalipun tantangan makin berat," katanya, Rabu (9/6/2021).

Ari mengatakan di tengah pandemi Covid-19, kerja keras seluruh civitas akademika UI selama setahun terakhir membawa hasil signifikan, sehingga menempatkan kampus ini di ranking 290 (naik 15 peringkat dari posisi 305 pada tahun lalu).

Pengumuman QS World University Ranking tersebut dapat diakses pada laman http://www.topuniversities.com/university-rankings.

Baca juga: Daftar Kampus Top 2020 Tingkat Dunia, Asia hingga Indonesia

QS melakukan penilaian perankingan berdasarkan enam indikator, yaitu: Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Faculty, Faculty/Student Ratio, International Faculty Ratio, dan International Student Ratio. Pencapaian UI tersebut berkat skor tertinggi dalam penilaian Employer Reputation, dan International Student Ratio.

Berdasarkan rilis QS, dalam hal Employer Reputation, Universitas Indonesia meraih skor 51.8 sehingga berada di peringkat 166 untuk kategori tersebut. UI telah meningkatkan pengakuannya di antara komunitas akademik global, sehingga menempati ranking 185 atau masuk 200 teratas untuk indikator Academic Reputation.

Selain itu, UI telah meningkatkan kapasitas pengajarannya, diukur menggunakan matriks QS Rasio Fakultas/Siswa.

Baca juga: 20 Perguruan Tinggi Indonesia Masuk QS Asian University Ranking

Pada rilis yang sama, disebutkan bahwa banyak negara secara agresif berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, serta menyusun strategi untuk menarik akademisi dan mahasiswa ke universitas mereka. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan tinggi global tetap kompetitif seperti sebelumnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini