Ingin Dapat Beasiswa? Ini Tips Membuat Esai Kontribusi dari Awardee LPDP UNS

Neneng Zubaidah, Koran SI · Kamis 10 Juni 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 65 2423141 ingin-dapat-beasiswa-ini-tips-membuat-esai-kontribusi-dari-awardee-lpdp-uns-fZP4g2c4bg.jpg Tips buat esai sebagai syarat Beasiswa LPDP (Foto: Tangkapan layar/Neneng Zubaidah)

JAKARTA - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah dibuka sejak Mei lalu. Sejumlah syarat harus dipenuhi para calon pendaftar beasiswa LPDP, salah satunya esai kontribusi untuk Indonesia.

Melihat hal itu, Ikatan Awardee LPDP Kelurahan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan webinar untuk membahas secara tuntas salah satu syarat itu beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Calon Mahasiswa Unpad, Ini 3 Beasiswa yang Dibuka di Universitas Padjadjaran

Ketua Ikatan Awardee LPDP UNS Danan Tricahyono mengatakan, webinar kali ini merupakan seri pertama dari sosialisasi LPDP yang diadakan Kelurahan UNS. Bulan Juli mendatang akan dilaksanakan acara serupa dengan topik berbeda serta menghadirkan pihak LPDP secara langsung.

“Ini baru webinar pertama dan Insya Allah akan diselenggarakan juga webinar selanjutnya pada Juli mendatang,” ujar mahasiswa Magister Pendidikan Sejarah dilansir dari laman resmi UNS di uns.ac.id, Kamis (10/6/2021).

Febi Junaidi, mahasiswa doktoral UNS hadir sebagai pembicara dalam webinar ini. Febi didapuk menjadi pembicara setelah dua kali didanai LPDP yakni pada jenjang magister dan doktoral. Dalam paparannya, Febi mengingatkan para peserta untuk selalu mengikuti perkembangan syarat pendaftaran dan sering mengecek akun pendaftaran.

Mahasiswa program doktor Pendidikan Bahasa Indonesia ini juga mengingatkan para calon pendaftar untuk menyusun personal statement dan esai kontribusi sebaik mungkin. Febi pun mengimbau para peserta untuk benar-benar memikirkan kontribusi yang ditulis harus terukur.

“Kontribusi yang ditulis dalam esai harus terukur. Idenya itu harus konkret karena akan kita realisasikan pascastudi nanti. Selain itu, kontribusi yang diberikan juga harus bermanfaat untuk masyarakat sekitar kalian,” jelas Febi.

Baca Juga:  Pendaftaran Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Ditutup Hari Ini

Bagi calon pendaftar yang merasa minder karena belum memiliki pengalaman yang cukup, Febi meminta mereka untuk percaya diri saja. Asalkan tujuan kuliah dan kontribusi yang diberikan sesuai target serta semua syarat terpenuhi, Febi optimistis semua akan lolos seleksi administrasi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini