Resmi Sandang Profesor Kehormatan, Ini Deretan Gelar Akademis Megawati

Dimas Choirul, MNC Media · Jum'at 11 Juni 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 65 2423718 resmi-sandang-profesor-kehormatan-ini-deretan-gelar-akademis-megawati-A3tn4NpEhK.jpeg Megawati Soekarnoputri.

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi mendapat gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) pada hari ini, Jumat (11/6/2021). 

Pemberian gelar profesor itu lantaran Mega dianggap mempunyai kepiawaian dalam tacit knowledge tentang ilmu pertahanan, utamanya kepemimpinan strategis.

Adapun pemberian gelar kehormatan ini merupakan satu dari sekian banyaknya gelar yang dimilikinya. Tercatat, Presiden kelima itu sudah memiliki sembilan gelar.

Berikut deretan gelar doktor dan honoris causa yang pernah diterima Megawati:

Baca juga: Pengukuhan Gelar Profesor Megawati, Prabowo dan Puan Duduk Berdampingan

1. Dr Hc dari Waseda Tokyo (2001)

Pada tahun 2001, Mega menerima gelar doktor honoris causa dari Universitas Waseda Tokyo di Jepang. 

2. Dr Hc dari Moscow State Institute of International Relation (2003)

Dua tahun setelahnya, Mega mendapat gelar doktor honoris causa dari Moscow State Institute of International Relation di Rusia. 

3. Dr Hc dari Korea Maritime and Ocean University (2015)

Mega pun pernah mendapat gelar doktor honoris causa dari Korea Maritime and Ocean University di Korea Selatan. 

4. Dr Hc dari Universitas Padjajaran (2016).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Mega tercatat DO dari Unpad. Namun, karena pengabdiannya kepada negara, Mega lantas memperoleh gelar doktor honoris causa dari kampus dari Bandung itu.

5. Dr Hc dari Universitas Negeri Padang (2017)

Mega juga pernah mendapat gelar honoris causa dari UNP.

6. Dr Hc dari Mokpo National University (2017)

Pada tahun 2017 secara beruntut Mega meraih gelar doktor honoris causa keenam yang diperoleh dari Mokpo National University di Korea Selatan.

7. Dr Hc dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (2018).

Putri kedua Soekarno ini juga pernah memperoleh gelar doktor honoris causa bidang politik pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri. 

8. Dr Hc dari Fujian Normal University (2018)

Sama seperti di tahun 2017. Gelar doktor honoris causa beruntut yang disabet Megawati di bidang diplomasi ekonomi berasal dari Fujian Normal University (FNU), Fuzhou, China. 

9. Dr Hc dari Universitas Soka Tokyo (2021).

Megawati pun pernah mendapatkan gelar doktor honoris causa untuk bidang kemanusiaan dari Universitas Soka, Tokyo, Jepang.

10. Dr Hc dari Universitas Pertahanan (2021)

Terbaru, Mega dikukuhkan gelar profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi dari Universitas Pertahanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini