Tips Seleksi Mandiri PTN, Ketua LTMPT: Sesuaikan Prodi dengan Kemampuan

Agnes Teresia, Okezone · Kamis 17 Juni 2021 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 65 2426882 tips-seleksi-mandiri-ptn-ketua-ltmpt-sesuaikan-prodi-dengan-kemampuan-qMBDOSRSS7.jpg Ketua LTMPT M Nasih (Foto: Tangkapan layar/Agnes Teresia)

JAKARTA - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sekaligus Rektor Universitas Airlangga (Unair) Mohammad Nasih membagikan tips bagi para peserta yang gagal di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 dan ingin mencoba jalur seleksi mandiri.

Dalam talkshow virtual bersama Sevima pada pada Rabu 16 Juni 2021, Nasih memberikan salah satu tips ikuti jalur seleksi mandiri PTN menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN. Nasih mengatakan, supaya para siswa tetap bersikap optimis, namun tetap menyesuaikan kemampuan dan nilai UTBK mereka dengan pilihan program studi (prodi) yang diinginkan.

Baca Juga: Safira, Alumni SMA Pradita Dirgantara Raih Nilai Sempurna Fisika dan Kimia pada UTBK 2021

"Setelah melihat nilainya (nilai UTBK-SBMPTN), tolong jangan memaksakan untuk memilih prodi-prodi yang tidak sesuai. Tolong disesuaikan lah," kata Nasih.

"Tolong pilihan-pilihannya disesuaikan dengan kapasitas teman-teman, ukuran obyektif dari kemampuan itu adalah nilai UTBK," imbuhnya.

Seleksi Mandiri PTN adalah sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri secara mandiri. Sistem kelola dan aturan seleksi ini juga ditentukan oleh PTN itu sendiri.

Baca Juga: Ketua LTMPT: Tak Lulus SBMPTN, Jangan Larut dalam Kesedihan!

Bentuk tes seleksi mandiri PTN juga berbeda-beda, ada PTN yang menggunakan tes khusus, nilai rapor dan nilai UTBK, atau bahkan hanya nilai UTBK saja.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini