Presiden Pendiri Zambia, Kenneth Kaunda Meninggal Dunia

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 18 Juni 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 18 2427013 presiden-pendiri-zambia-kenneth-kaunda-meninggal-dunia-7BPbtAA7Ku.JPG Mantan Presiden Zambia Kenneth Kaunda berbicara pada pemakaman mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela di Qunu, 15 Desember 2013. (Foto: Reuters)

LUSAKA - Kenneth Kaunda, presiden pendiri Zambia yang memimpin negaranya selama 27 tahun dan memperjuangkan perjuangan Afrika melawan apartheid dan HIV/AIDS, meninggal dunia pada usia 97 tahun.

Pria kelahiran 28 April 1924, yang akrab dipanggil "KK" itu dirawat karena radang paru-paru di Pusat Medis Maina Soko, sebuah rumah sakit militer di Lusaka.

BACA JUGA: 3 Warga China Dibunuh dan Dibakar di Pabrik Zambia, Diduga Terkait Diskriminasi

"Atas nama seluruh bangsa dan atas nama saya sendiri, saya berdoa agar seluruh keluarga Kaunda terhibur saat kami berduka atas presiden pertama kami dan ikon Afrika sejati," kata Presiden Edgar Lungu dalam sebuah pesan di halaman Facebook-nya sebagaimana dilansir Reuters.

Pihak berwenang menyatakan 21 hari berkabung untuk Kaunda, yang memerintah setelah Zambia meraih kemerdekaannya dari Inggris pada 1964, hingga 1991.

Meski perekonomian Zambia yang ditunjang tembaga tidak bisa dikatakan baik selama masa kepemimpinan panjang Kaunda, dia lebih dikenang karena perannya sebagai pejuang anti-kolonial yang menentang Afrika Selatan, yang saat itu diperintah minoritas kulit putih.

Pada 1986, Kaunda kehilangan putranya karena AIDS dan mengumumkan perang dengan penyakit itu.

BACA JUGA: Zambia Diserukan Larang Impor dan Penjualan Celana Dalam Bekas

Sebagai pemimpin negara pertama di kawasan itu yang memutuskan hubungan dengan penjajah Eropa, Kaunda bekerja keras untuk mengajak negara-negara bekas koloni lainnya untuk memperjuangkan kekuasaan mayoritas.

Pada 1991, ia dipaksa untuk mengadakan pemilihan multi-partai pertama selama 23 tahun, dimana dia kalah oleh seteru lamanya, Frederick Chiluba.

Kaunda dan istrinya Betty memiliki delapan anak, dua di antaranya telah meninggal dunia. Masuzyo Kaunda meninggal karena AIDS pada 1986, sedangkan putra lainnya, Wezi dibunuh pada 1999.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini