Gedung Putih Pertimbangkan Gelar Pembicaraan Joe Biden dan Xi Jinping

Antara, · Jum'at 18 Juni 2021 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 18 2427233 gedung-putih-pertimbangkan-gelar-pembicaraan-joe-biden-dan-xi-jinping-irxrN70fZr.jpg Joe Biden, saat itu Wakil Presiden Amerika Serikat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing pada 2011. (Foto: Antara)

WASHINGTON - Gedung Putih akan mempertimbangkan pembicaraan antara Presiden Joe Biden dan mitranya dari China, Xi Jinping, saat kedua negara itu berselisih soal berbagai isu termasuk HAM, menurut pejabat senior Amerika Serikat (AS) pada Kamis (17/6/2021).

Penasihat keamanan nasional Biden, Jake Sullivan mengatakan bahwa kedua pemimpin itu akan "mengetahui di mana kita berada dalam hubungan."

BACA JUGA: China Gusar dengan Deklarasi KTT G7

Beijing geram dengan komunike yang dikeluarkan atas desakan Biden melalui para pemimpin Kelompok Tujuh pada Minggu (13/6/2021). Komunike itu mengecam China atas isu HAM di wilayah Xinjiang dan Hong Kong sementara juga menuntut investigasi penuh dan menyeluruh asal mula virus corona di China.

"Secepatnya kami akan duduk untuk menemukan modalitas yang tepat bagi kedua presiden untuk terlibat," kata Sullivan melalui panggilan konferensi di hadapan wartawan. 

"Bisa jadi melalui panggilan telepon, bisa jadi pertemuan di sela-sela KTT internasional lainnya, bisa jadi melalui apapun."

BACA JUGA: Beijing Desak NATO untuk Berhenti Besar-besarkan "Teori Ancaman China"

Biden dan Xi keduanya diperkirakan akan menghadiri pertemuan G20 pada Oktober di Italia, lokasi yang memungkinkan untuk pembicaraan seperti itu. Menurutnya, tidak ada keputusan akhir yang telah dibuat.

Ditanya apakah ia akan meminta Xi agar mendesak investigasi asal mula COVID-19, Biden pada Rabu (16/6/2021) mengatakan kepada awak media: "Kami saling mengenal dengan baik; kami bukan teman lama. Ini hanya murni pekerjaan."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini