92 Bonek yang Ditangkap Polisi Diswab, Ini Hasilnya

Lukman Hakim, Koran SI · Jum'at 18 Juni 2021 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 519 2427281 92-bonek-yang-ditangkap-polisi-diswab-ini-hasilnya-2eMM9zGYuR.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

SURABAYA - Polrestabes Surabaya mengamankan 92 suporter Persebaya, Bonek alias Bondo Nekat saat kericuhan dalam perayaan Hari Ulang Tahun Persebaya Surabaya ke-94 di area Stadion Gelora 10 November 2021, Tambaksari, Kamis 17 Juni 2021 malam hingga Jumat (18/6/2021) dini hari.

Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya AKP Muhammad Fakih mengatakan, bonek yang diamankan itu saat di Mapolrestabes Surabaya menjalani tes swab Covid-19. Hal ini untuk mendeteksi penyebaran virus asal Wuhan, China tersebut. Hasilnya, ke-92 bonek tersebut negatif virus corona.

"Alhamdulillah hasilnya negatif semua. Kalau ada satu saja yang positif, maka kami akan di tes swab semua," katanya.

Baca Juga:  Bonek yang Bertahan di Stadion Tambaksari Dipukul Mundur Polisi dengan Tembakan Gas Air Mata

Dia menyatakan, hari ini para bonek sudah bisa dilepas. Namun, harus memenuhi sejumlah persyaratan. Salah satunya harus dijemput anggota keluarganya.

Kemudian, yang bersangkutan juga harus menandatangani surat pernyataan tidak akan mengulangi lagi perbuatannya. "Dalam surat itu, mengetahui danramil, polres dan korlap bonek," tandas Fakih.

Para bonek ini diamankan akibat melanggar protokol kesehatan (prokes) dan masuk dalam tindak pidana ringan (tipiring). Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka disita dan diwajibkan membayar denda Rp150.000. Denda tersebut dibayarkan ke Bank Jatim.

Jika sudah membayar, struk atau tanda bukti pembayaran diserahkan ke petugas untuk mengambil KTP.

"Saya nyesel sampai diamankan di Polrestabes. Saya tidak akan mengulangi lagi," kata Fajar, salah satu bonek asal Pasuruan yang turut diamankan di Mapolrestabes, Surabaya.

Baca Juga:  Dilarang Rayakan HUT Persebaya, Bonek Mania Bentrok dengan Polisi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini