Jam Buka Usaha Dibatasi, PKL di Malioboro Kelabakan

Suharjono, Koran SI · Senin 21 Juni 2021 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 510 2428612 jam-buka-usaha-dibatasi-pkl-di-malioboro-kelabakan-NuctfHqq7u.jpg Foto: Istimewa

YOGYAKARTA - Kebijakan pemerintah pusat yang membatasi jam buka usaha sampai pukul 20.00 WIB membuat pedagang lesehan seperti di Jalan Malioboro Yogyakarta menjadi kelabakan. Ini lantaran mereka akan sulit berusaha dengan kebijakan tersebut.

Ketua Paguyuban Pedagang Lesehan Malioboro Desio Hartonowati mengungkapkan, kebijakan jam buka usaha hingga pukul 20.00WIB hendaknya ditinjau ulang. Ini lantaran menjadikan usaha kecil seperti lesehan tidak bisa menjalankan usahanya.

"Coba dibayangkan mas persiapan usaha hingga selesai sebelum buka di kawasan Malioboro rata rata oukul 18.00 WIB sampai 18.30 WIB. Kemudian baru siap melayani pembeli. Kalau disuruh jam 20.00 tutup ya jelas usaha kami terpuruk, " ungkapnya kepada MNC portal Indonesia, Senin (21/6/2021).

Menurutnya kebijakan tersebut juga tidak adil. Ini lantaran usaha di siang hari boleh buka, sedangkan yabg malam hari dilarang." Kami berharap ada kebijakan pemerintah. Kami siap melayani pembeli dengan protokol kesehatan," ulasnya.

Desio melanjutkan, upaya pencegahan Covid-19 sesuai anjursn oemrintah adalah menegakkan prokes dan menjaga jarak serta tidak berkerumun. " Kami siap menjalankan prokes, bagaiamana menjaga jarak di lesehan akan kami lakukan, termasuk pakai thermogun dan menolak konsumen yang tidak mengenakan masker. Tapi beri kesempatan rakyat kecil membuka usaha, jangan ditutup," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini