Demi Tampil Modis di Medsos, Pemuda Ini Nekat Curi Perhiasan

Ashadi Ikhsan (Koran Sindo), Koran SI · Kamis 24 Juni 2021 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 519 2430433 demi-tampil-modis-di-medsos-pemuda-ini-nekat-curi-perhiasan-mKWx3z48kO.jpg Polisi menangkap pelaku pencurian (Foto: Ashadi Ikhsan)

GRESIK - Warga Jalan Topaz Perumahan Pondok Permata Suci (PPS), Desa Suci, Kecamatan Manyar Gresik, Jawa Timur, Yoga Windi Agustian diamankan polisi. Pemuda berumur 27 itu dilaporkan mencuri perhiasan.

Korban Ahmad Syaiful Latif (28) di Jalan Barabai Perum GKB, Manyar Gresik. Perhiasan yang berhasil digasak; gelang 39 gram dan gelang 6,5 gram.

Baca Juga:  Lihat Kunci Tertinggal di Pintu, Pria Ini Bobol Rumah Tetangganya

Aksi lanjutan berhasil membawa kabur gelang 1,46 gram, dua gelang 4 gram, kalung 2 gram, cincin 2 gram dan uang tunai Rp10 juta.

Aksi pelaku terekam CCTV. Korban mengetahui yang mencuri temannya sendiri, langsung melaporkan ke polisi. Pelaku diamankan di rumahnya.

Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti mengatakan, kronologi pencurian dengan pemberatan bermula saat pelaku berada di rumah korban, Kamis 3 Juni 2021. Pelaku membantu korban mempersiapkan dekorasi hias mobil pengantin.

"Pelaku dan korban merupakan teman. Jadi, korban tidak curiga kalau tersangka punya niat jahat," katanya di Mapolsek Manyar, Kamis (24/6/2021).

Setelah berhasil mengasak perhiasan, pelaku lalu mengadaikan emas itu di Pegadaian Mojokerto. Emas yang digadaikan senilai Rp24 juta masuk dalam rekening pelaku.

Baca Juga:  Pura-Pura Jadi Wanita di Medsos, Pemuda Ini Berhasil Tipu Tukang Ojek

Pelaku melakukan aksinya lagi Sabtu 5 Juni 2021. Saat itu, korban dan beserta istri sedang liburan di luar kota. "Karena sering datang ke rumah korban, pelaku ini sampai hafal di mana letak kunci rumah," bebernya.

Pelaku, Yoga Windi Agustian mengaku, hasil aksinya dipakai membeli barang-barang mewah. Pakaian itu dipakai untuk pose dan diunggah di media sosial.

“Saya suka unggah foto dengan baju mewah di media sosial,” akunya kepada penyidik.

Adapun akibat dari perbuatannya, pelaku dikenai Pasal 363 Ayat (1) ke 3 Jo 65 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Yakni, ancaman hukuman kurungan maksimal 7 tahun penjara.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini