Viral Pungli di Bus Bakauheni, Cukup Bayar Rp100 Ribu Tak Perlu Rapid Test

Bima Setiyadi, MNC Portal · Kamis 15 Juli 2021 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 340 2441080 viral-pungli-di-bus-bakauheni-cukup-bayar-rp100-ribu-tak-perlu-rapid-test-ZpRm2hdtg3.jpg Foto: tangkapan layar/Instagram.

JAKARTA- Sebuah video berjudul "PPKM Darurat Jadi Ajang Pungli" yang beredar dan menjadi viral di media sosial menunjukkan penumpang yang tidak menjalani tes Covid-19 diperbolehkan naik bus dengan membayar Rp100.000.

Video yang diunggah melalui akun instagram @infokomando itu disertai caption, menyebut bahwa praktik pungutan liar (pungli) tersebut terjadi di dalam bus di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Penumpang membayar dengan sejumlah uang agar bisa lolos penyebrangan tanpa pemeriksaan test covid 19.

BACA JUGA: Kisah Pria dengan Bau Kaki Busuk, Pergi ke Spa Ikan dan Semua Ikan Mati 

"Apakah ini benar gaez? Ada yang tau infonya? DM dong... Kok serem gini," demikian caption video tersebut seperti dikutip Kamis (15/7/2021).

Dalam video tersebut terlihat dua orang yang menggunakan seragam biasa sedang memungut tarif penumpang bus. Salah satu penumpang bertanya kepada orang tersebut mengenai tarif apabila tidak ada tes antigen.

"Om om yang tidak ada antigen bayar berapa? Seratus? Dimintain siapa? Jadi tidak perlu rapid? Tanya penumpang.

BACA JUGA: Foto Gereja Beratap Terpal di Aceh Viral di Medsos, Ini Faktanya

"Bayar 100 langsung," jawab orang yang memungut tarif tersebut, merujuk pada biaya Rp100 ribu untuk dibayarkan.

Video tersebut menuai beragam komentar warganet. Mereka sudah menduga banyak yang mencari keuntungan pada masa Pandemi Covid-19 ini.

"Sikat ndan oknum2 yang nyari keuntungan dari musibah pandemi ini," tulis @arifsyaraf.

"Sudah kuduga ada oknum memanfaatkan situasi ini," sambung akun @ochayfirmanc.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini