Penuh, RSUD Karangasem Rawat Pasien di Halaman

Yunda Ariesta, iNews · Senin 26 Juli 2021 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 244 2446272 penuh-rsud-karangasem-rawat-pasien-di-halaman-L8RLebLzLB.jpg Pasien RSUD Karangasem dirawat di halaman (Foto: Yunda Ariesta)

BALI - Sepekan terakhir, IGD RSUD Karangasem, Bali mengalami lonjakan pasien dengan gejala Covid-19. Kondisi ini membuat IGD RSUD Karangasem penuh, sehingga pihak rumah sakit terpaksa melakukan perawatan pasien non-Covid-19 di halaman gedung IGD.

Pihak rumah sakit sementara waktu memakai ruang IGD khusus pasien dengan gejala Covid-19. Sementara untuk pasien non-Covid-19 dengan gejala ringan dirawat di halaman OGD. Selain overload, pemisahan perawatan ini juga untuk menghindari pasien non-Covid-19 tertular atau terpapar virus dari pasien suspek Covid-19.

Baca Juga:  Kabar Baik, Ariza Sebut Angka Covid-19 di Jakarta Sudah Turun

Tak hanya IGD yang overload, kondisi ruang isolasi di RSUD Karangasem juga 90 persen sudah terisi. Dari 84 kamar, 60 lebih sudah terisi.

Jika lonjakan kasus masih terus terjadi, pihak RSUD khawatir tak bisa lagi menampung pasien Covid-19.

Hingga saat ini, di Kabupaten Karangasem total ada 236 pasien Covid-19 dari total 2 ribu lebih kasus yang sedang dirawat. Seluruh pasien terbagi di rumah sakit rujukan Covid-19 dan ada pula yang menjalani isolasi mandiri.

"Karena lonjakan pasien, jadi tertahan di IGD, kita masih memastikan apakah Covid atau tidak," ujar Direktur RSUD Karangasem, I Wayan Suardana.

Baca Juga: Menkes: Pasien Terpapar Covid-19 Bukan Aib, Harus Dibantu!

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini