Alhamdulillah, Warga Malang Bisa Isi Ulang Oksigen Gratis untuk Pasien Isoman

Avirista Midaada, Okezone · Senin 26 Juli 2021 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 519 2446156 alhamdulillah-warga-malang-bisa-isi-ulang-oksigen-gratis-untuk-pasien-isoman-wIVDjAanmH.jpg Warga Malang dapat fasilitas isi ulang oksigen gratis (Foto : Okezone.com/Avirista)

MALANG - Adanya tempat pengisian ulang oksigen gratis yang difasilitasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur disambut bahagia warga. Warga Malang raya hingga Pasuruan bisa memanfaatkan fasilitas pengisian gratis oksigen ini dengan terlebih dahulu mendaftar online melalui infocovid19.jatimprov.go.id.

Tampak pada Senin pagi (26/7/2021) sejak diresmikan tempat pengisian ulang oksigen gratis yang berlokasi di Kantor Bakorwil III Jawa Timur Malang ini diserbu sejumlah warga. Beberapa warga sengaja mendatangi Bakorwil III Jatim yang berada di Jalan Simpang Ijen Kota Malang dengan membawa tabung oksigen berukuran satu meter kubik.

Dengan dibantu petugas BPBD Jawa Timur dan relawan Tagana, para warga ini diarahkan untuk mengantri menunjukkan persyaratan yang dibutuhkan, mulai tiket pendaftaran dari website dan dokumen hasil tes swab baik PCR atau swab antigen. Setelah persyaratan lengkap para warga ini langsung dilayani oleh petugas yang berjaga dengan melakukan pengisian ulang oksigen secara gratis.

Seorang warga Singosari, Kabupaten Malang bernama Ari Bowo mengaku begitu terbantu dengan adanya pengisian ulang tabung oksigen gratis ini. Apalagi ia harus mengisi ulang oksigen setiap 4 - 5 jam mengingat kakaknya tengah menjalani isolasi mandiri usai terpapar Covid-19 dan membutuhkan suplai oksigen.

"Selama ini kita sulit mendapatkan, harus lari dari agen ke agen. Antri di agen ini kalau pas habis pindah lagi, biasanya 3 - 4 jam antrinya, itu juga kadang kehabisan," ungkap Ari.

Baca Juga : PPKM Level 4 Diperpanjang, Kota Bekasi Masuk Kategori Rawan Covid-19

Ia pun akhirnya mencoba memanfaatkan layanan pengisian ulang oksigen gratis di Kantor Bakorwil III Jatim Malang. Alhasil dengan layanan pengisian ulang oksigen gratis ia yang menyediakan tabung oksigen ke kakaknya yang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Kelurahan Tunjungsekar, Kota Malang.

"Sangat terbantu sekali, apalagi ini gratis. Biasanya ke agen kita bayar Rp 40 - 55 ribu untuk isi ulang tabung oksigen ukuran 1 meter kubik. Itu saja hanya digunakan 4 - 5 jam sama kakak di rumah," kata dia.

Sementara itu warga Kelurahan Kebonsari, Malang Qori Aina mengucapkan terima kasih atas dibukanya pengisian ulang oksigen gratis di Malang. Selama ini ia yang merawat ayahnya terpapar Covid-19, kerap kali mondar mandir mencari suplai pengisian tabung gas oksigen dari agen ke agen.

"Sangat terbantu sekali, sehari ayah itu menghabiskan 8 kali isi ulang tabung yang kecil satu meter kubik itu. Satu tabung dipakai 3 jam sudah habis," bebernya.

Ia berharap dengan pengisian ulang gas oksigen yang beroperasi 24 jam ini bisa menyelamatkan nyawa sang ayah kandungnya yang tengah melakukan isolasi mandiri. "Saat ini kondisi ayah masih terbaring saja dengan infus juga, nyari rumah sakit penuh. Cuma tadi alhamdulillah saturasi oksigennya naik 86, lebih baik dari hari sebelumnya," ucap perempuan berusia 26 tahun ini.

Di sisi lain Kepala Bakorwil III Jawa Timur Sjaichul Ghulam menyebut, per hari layanan pengisian ulang oksigen di kantornya bisa melayani 500 unit tabung gas oksigen untuk ukuran 1 - 2 meter kubik. Namun ia meminta masyarakat yang datang untuk mengisi ulang oksigen harus melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu.

"Harus ada keterangan positif dan sedang isolasi mandiri. Daftarnya secara online, nanti didata disuruh datang ke sini. Kami melayani 500 tabung sehari ukuran 1 - 2 meter untuk masyarakat Malang raya dan Pasuruan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini