Wagub Jabar Sewa Helikopter Rp600 Juta, Ini Penjelasan Ridwan Kamil

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Rabu 04 Agustus 2021 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 525 2450873 wagub-jabar-sewa-helikopter-rp600-juta-ini-penjelasan-ridwan-kamil-RjqZ3XsvMi.jpg Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto : Pemprov Jabar)

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil menanggapi kabar terkait anggaran sewa helikopter Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum sebesar Rp600 juta.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu tak menampik ada anggaran yang dialokasikan untuk sewa helikopter bagi wakilnya. Namun, anggaran tersebut bisa digunakan jika benar-benar dibutuhkan.

"Rekan media harus memahami, transportasi seperti heli ini biasanya digunakan kalau ada kondisi darurat," ungkap Kang Emil dalam konferensi pers virtual, Rabu (4/8/2021).

Menurut Kang Emil, wilayah Jabar sangat luas. Bahkan, tidak semua wilayah di Jabar dapat dijangkau menggunakan mobil. Sehingga, sewa helikopter menurutnya wajar jika ditinjau dari sisi kebutuhan.

"Jabar itu sangat luas, menjangkau wilayah tidak bisa semuanya dijangkau mobil, bisa 8 sampai 9 jam. Wajar saja (sewa helikopter) dari sisi kebutuhan," tuturnya.

Bahkan, Kang Emil pun mengungkapkan fakta lain bahwa Pemprov Jabar kerap kali meminjam helikopter kepada TNI AU, BNPB, dan lainnya dan hal itu tak lepas juga dari biaya yang harus dikeluarkan.

"Kita mengurangi potensi menggunakan yang namanya heli swasta, memang mahal. Saya pernah difasilitasi Polda naik heli polisi, difasilitasi juga oleh TNI, dan sebagainya," kata Kang Emil.

Baca Juga : Pasokan Vaksin Terkendala, Target Herd Immunity di Jatim Terancam Meleset

Ridwan Kamil juga memastikan bahwa dana sewa helikopter Wagub Jabar tersebut masuk dalam daftar refocusing anggaran penanganan pendemi COVID-19. Bahkan, dari total anggaran yang dialokasikan sebesar Rp600 juta, 70 persennya sudah dialihkan untuk penanganan pandemi.

"Ini juga masuk dalam refocusing. Di angka yang disebutkan sudah terefocusing 70 persen untuk penanganan pandemi, tidak terkecuali, disisir satu-satu," tuturnya.

Sekadar diketahui, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum diketahui memiliki alokasi anggaran sebesar Rp600 juta untuk biaya sewa helikopter.

Informasi tersebut diperoleh dari laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SiRUP LKPP). Dilihat pada Selasa 3 Agustus 2021 sekira pukul 10.30 WIB, dimasukkan kata 'sewa helikopter' di kotak pencarian, maka muncul 10 paket sewa helikopter.

Dari 10 paket sewa helikopter, 8 paket di antaranya tertulis Paket Sewa Helikopter Mobilitas Wakil Gubernur mulai paket 1 hingga 8 dengan metode pengadaan langsung yang dimulai Februari hingga September 2021 dengan nilai paket masing-masing Rp75 juta.

Dalam tabel tersebut tertera keterangan bahwa rencana pengadaan itu dilakukan Pemprov Jabar di bawah Satuan Kerja Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat dengan lokasi rencana pengadaan paket di Kota Bandung, Jawa Barat. Situs tersebut bisa diakses oleh publik dengan mengakses laman https://sirup.lkpp.go.id/.

Menanggapi informasi tersebut, Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Uum membenarkan bawa dirinya memiliki alokasi anggaran sebesar Rp600 juta untuk biaya sewa helikopter dalam APBD Provinsi Jabar 2021.

Menurut Uu, anggaran ratusan juta rupiah tersebut sengaja dialokasikan untuk mendukung operasionalnya sebagai Wagub Jabar. Uu mengaku, memilih helikopter sebagai sarana transportasinya untuk memudahkannya menjangkau masyarakat. Terlebih, kata Uu, wilayah Provinsi Jabar sangat luas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini