Share

Juru Bicara Taliban: Kami Tidak Ingin Perang, Ingin Perdamaian

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 18 Agustus 2021 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 18 2457094 juru-bicara-taliban-kami-tidak-ingin-perang-ingin-perdamaian-LRKElGMmcl.jpg Konferensi pers pertama Taliban (Foto: AFP)

AFGHANISTAN – Taliban mengatakan pihaknya membutuhkan waktu untuk membentuk pemerintahan baru.

"Kami perlu menunggu... kami ingin meyakinkan bahwa kami hanya butuh waktu," juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid memulai konferensi pers pertama mereka pada Selasa (17/8) sore.

"Kami menginginkan hubungan baik dengan semua tetangga... kami berusaha sebaik mungkin agar hubungan kami dengan tetangga kami didasarkan pada hukum internasional dan Islam,” lanjutnya.

"Kami menginginkan pemerintahan di mana semua orang terlibat. Kami tidak menginginkan perang, kami menginginkan perdamaian dan stabilitas,” tambahnya.

(Baca juga: Konferensi Pers Pertama Taliban, Juru Bicara: Afghanistan Akan Menjadi Negara Islam)

Mujahid mengatakan bahwa Taliban akan menindak perdagangan narkoba, yang sebelumnya dilarang di bawah kekuasaan mereka. Produksi opium telah meningkat secara besar-besaran dalam 20 tahun terakhir, dan Afghanistan adalah salah satu produsen opium terbesar di dunia.

Saat ditanya tentang seperti apa masa depan negara ini, Mujahid mengatakan akan menjadi negara Islam.

(Baca juga: Pemimpin Taliban 'Pulang ke Kampung Halaman' Sebagai Pemenang Usai Perang Selama 20 Tahun)

"Jika menyangkut pengalaman dan kedewasaan dan visi, tentu saja ada perbedaan besar antara kita sekarang dan 20 tahun yang lalu,” terangnya.

Juru bicara itu menjelaskan bahwa selama dua dekade terakhir, keahlian kelompok telah berkembang dalam berbagai cara dan mereka berharap keterampilan itu dapat diterapkan saat mereka mendirikan pemerintahan baru.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini