Bantu Gelapkan Mobil, Mantan Guru Agama Palsukan Dokumen Negara

Ketut Catur Kusumaningrat, iNews · Kamis 16 September 2021 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 244 2472353 bantu-gelapkan-mobil-mantan-guru-agama-palsukan-dokumen-negara-tLHL8pwnhJ.jpg Pelaku pemalsuan dokumen negara (Foto: Ketut Catur)

BALI - Mantan guru agama di Bali nekat memalsukan dokumen negara di Gianyar, Bali. Pelaku ditangkap setelah diduga bekerja sama dengan pelaku penggelapan mobil untuk memalsukan KTP.

Saat dibekuk di kedimananya, polisi juga menemukan sejumlah dokumen negara lainnya yang dipalsukan RW (34), seperti Kartu Keluarga, NPWP, akte kelahiran, hingga akte kematian.

Sebelumnya, polisi menangkap NH karena menggelapkan mobil rental dengan KTP palsu. Dari penangkapan itu, polisi mengetahui bahwa pelaku berhasil mendapatkan KTP palsu dari RW.

RW mengatakan bahwa dirinya memalsukan dokumen negara tersebut untuk dijual. Dia bisa menjual KTP palsu hingga Rp2 juta kepada pelanggannya.

Baca juga: Gelapkan 50 Mobil Rental, Komplotan Pelaku Ditangkap Polda Metro

Dia mengaku belajar membuat dokumen palsu secara otodidak dan mendapatkan data dari internet.

"Ini pilihan saya ya," kata dia saat ditanya mengapa tak memilih bekerja, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Diduga Gelapkan Mobil, Oknum Polisi Dilaporkan

Kapolsek Sukawati AKP I Made Ariawan mengatakan bahwa RW sebelumnya merupakan guru honorer dan saat ini bekerja sebagai karyawan swasta.

"DI TKP di rumah saudari RW kami temukan banyak dokumen palsu di luar kasus ini. Sehingga patut diduga melakukan pemalsuan dokumen negara," kata dia.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini