Beraksi di 16 Lokasi, Pelaku Jambret Akhirnya Ditangkap Polisi

Dicky Sigit Rakasiwi, MNC Portal · Rabu 06 Oktober 2021 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 340 2481832 beraksi-di-16-lokasi-pelaku-jambret-akhirnya-ditangkap-polisi-qGgpYo6d6o.jpg Polisi menangkap pelaku penjambretan (Foto: Dicky Sigit Rakasiwi)

BATAM - Pelaku jambret, Timbul Sofyan Silaban (43) yang beraksi di 16 lokasi di 3 kecamatan wilayah hukum Polresta Barelang dibekuk Polsek Lubuk Baja. Salah satu yang menjadi korban adalah seorang wanita yang memakai kalung emas.

Korban saat itu sedang pulang berbelanja sayur dengan berjalan kaki di pinggir jalan depan Bundaran Perumahan Permata Baloi. Tiba-tiba dari arah belakang sebelah kanan datang seorang laki-laki mengendarai sepeda motor memepet korban dan langsung menarik kalung emas di leher korban.

"Setelah itu, korban pun langsung terkejut dan terhadap kalung emas tersebut dihentakkan oleh tersangka sehingga kalung emas tersebut terlepas," kata Kapolsek Lubuk Baja AKP Budi Hartono, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga:  Polisi Temukan Sabu Saat Tangkap Penjambret di Pulogadung

Setelah berhasil mengambil kalung emas milik korban, tersangka yang saat itu mengendarai sepeda motor langsung menancap gas dan melarikan diri. Korban pun melaporkannya kepada pihak Kepolisian Lubuk Baja.

"Sehubungan dengan sering terjadinya dugaan tindak pidana pencurian dengan kekerasan di wilayah Lubuk Baja, selanjutnya Opsnal Unit Reskrim Polsek Lubuk Baja melakukan profiling untuk mengetahui identitas pelaku berdasarkan rekaman CCTV di setiap masing-masing TKP yang menjadi target pelaku," bebernya.

Kemudian, berdasarkan informasi yang didapatkan dari sumber yang akurat pada Jumat 25 September 2021 Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Lubuk Baja melakukan pengintaian terhadap diduga pelaku tersangka TS yang merupakan residivis Curas/Jambret.

Setelah melakukan pencarian terhadap keberadaan tersangka, kemudian tim berhasil mengetahui keberadaannya di sekitaran Baloi Blok IV. Selanjutnya, tim melakukan penyergapan terhadap tersangka yang saat itu sedang mengendarai sepeda motor sekitar pukul 15.00 WIB, Jumat 25 September 2021.

"Tetapi saat akan ditangkap, tersangka berusaha melawan dan melarikan diri hingga akhirnya tim pun melakukan tindakan tegas terukur untuk melumpuhkan tersangka," tegasnya.

Baca Juga:  Aksi Jambret di Pulogadung Menelan Korban Jiwa, Polisi Turun Tangan

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yakni 2 lembar surat emas 2 buah flashdisk, 1 unit sepeda motor, baju kaos berkerah dengan motif garis berwarna oranye dan biru dongker, celana panjang, jaket parasut berwarna biru tua dan 1 sandal.

"Atas perbuatannya pelaku dijerat Pasal 365 Ayat (1) KUHPidana Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara paling lama 9 tahun," tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini