Sempat Ditahan 6 Bulan, 5 Nelayan WNI Dibebaskan dari Malaysia

Muhammad Hijrah Lubis, iNews · Rabu 06 Oktober 2021 05:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 340 2481876 3-dari-5-nelayan-wni-dibebaskan-dari-malaysia-enTZsbazlL.jpg Padli, salah satu nelayan WNI yang dibebaskan dari Malaysia (Foto: M Hijrah Lubis)

LANGKAT - Pemulangan tiga nelayan asal Sei Bilah, yakni Padli, Pajar dan Maulana diterbangkan dari Pulau Pineng Malaysia menuju Jakarta. Hal itu disebabkan tidak ada penerbangan langsung menuju Bandara Kualanamu Medan.

Usai 8 hari melakukan karantina di Jakarta, hari ini ketiga nelayan tersebut diterbangkan dari Jakarta menuju Bandara Kualanamu dan langsung dijemput oleh Dinas Perikanan Kabupaten Langkat, bekerja sama dengan PSDKB Belawan setelah ketiganya didata di Kantor Dinas Perikanan Langkat didampingi personel Polairud dan langsung diserah terimakan di Mako Polairud kepada keluarga yang sudah menunggu.

Baca Juga:  Rusak Jeruji Besi, 9 Nelayan Myanmar Kabur dari Tahanan Stasiun PSDKP Belawan

Kelima nelayan itu ditangkap maritim Malaysia 6 bulan yang lalu akibat memasuki perairan Diraja Malaysia. Awalnya akan dipulangkan semuanya, namun dua orang terpapar Covid-19 sehinga keduanya masih dikarantina di Malaysia.

Menurut Padli, salah seorang nelayan, awalnya mesin kapal motor rusak, setelah itu maritim Diraja Malaysia datang dan menangkap kelima nelayan asal Pakalan Berandan tersebut akibat memasuki perairan Malaysia. Dia sempat ditahan selama 6 bulan.

Baca Juga:  Nelayan Tewas Digulung Ombak Saat Mencari Ikan

Sementara itu Kasat Polairud Polres Langkat Iptu Heru Ardianto menyebutkan proses pemulangan ketiga nelayan ini rencananya 5 orang, namun yang dua terpapar Covid-19 sehinga masih dikarantina di Malaysia. Sedangkan yang tiga orang bebas dari virus Covid-19 dapat dipulangkan.

Setelah ketiga nelayan serah terimakan kepada keluarganya, bingkisan dari Kapolres Langkat diberikan langsung oleh Kasat Satpolairud kepada ketiganya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini