Lagi, China Larang Daging Sapi Inggris karena Penyakit Sapi Gila

Susi Susanti, Okezone · Selasa 12 Oktober 2021 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 18 2484871 lagi-china-larang-daging-sapi-inggris-karena-penyakit-sapi-gila-Aw6VaKxjqd.jpg Ilustrasi daging sapi (Foto: Reuters)

CHINA - China kembali melarang impor daging sapi Inggris untuk sapi di bawah usia 30 bulan setelah kasus bovine spongiform encephalopathy (BSE), atau penyakit sapi gila, di Inggris bulan lalu.

Menurut pernyataan dari Administrasi Umum Kepabeanan, larangan itu berlaku mulai 29 September.

China belum memulai kembali pembelian daging sapi dari Inggris setelah pada 2018 setuju untuk mencabut pembatasan sebelumnya.

Beijing memberlakukan larangan pada 1990-an selama wabah BSE sebelumnya.

Pada September lalu, Badan Kesehatan Hewan dan Tumbuhan Inggris (APHA) mengatakan kasus BSE telah dikonfirmasi di sebuah peternakan di Somerset.

(Baca juga: Taiwan: Hubungan dengan China Terburuk dalam 40 Tahun)

Pada 2018, China mengakhiri larangan impor daging sapi dari Inggris selama dua dekade, yang pertama kali diperkenalkan setelah merebaknya BSE pada 1990-an.

Pada saat itu, pemerintah Inggris mengatakan pencabutan larangan itu akan bernilai 250 juta poundsterling bagi produsen Inggris selama lima tahun ke depan.

Itu terjadi setelah bertahun-tahun inspeksi lokasi dan negosiasi antara pejabat di London dan Beijing.

(Baca juga: Kapal China Masuki Wilayah Perairannya, Malaysia Protes)

Menanggapi langkah terbaru, Departemen Lingkungan, Pangan dan Urusan Pedesaan Inggris mengatakan sedang bekerja untuk meyakinkan pihak berwenang China bahwa kasus BSE telah berhasil dikelola dan untuk memastikan bahwa kondisi impor dapat dipenuhi.

"Kami memiliki beberapa tingkat biosekuriti tertinggi di dunia, yang didukung oleh sistem kontrol yang kuat. Produk kami aman dan harus terus diperdagangkan,” terang Kepala petugas veteriner Inggris, Christine Middlemiss.

Pada September lalu, AS mengumumkan akan mencabut larangan impor domba Inggris yang telah berlangsung selama beberapa dekade.

Seperti diketahui, AS telah menghentikan impor domba Inggris sejak 1989, menyusul wabah pertama BSE.

Tahun sebelumnya ekspor daging sapi Inggris ke AS dilanjutkan untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun. Daging sapi Inggris dilarang oleh Washington setelah wabah BSE pada 1996.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini