353 Orang Dievakuasi dari Afghanistan, Termasuk Warga AS

Susi Susanti, Okezone · Senin 18 Oktober 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 18 2487798 353-orang-dievakuasi-dari-afghanistan-termasuk-warga-as-gf2gtohKBf.jpg 350 orang dievakuasi dari Afghanistan (Foto: CNN)

KABUL - Seorang pejabat senior pemerintah Qatar mengatakan kepada CNN jika salah satu penerbangan evakuasi terbesar berangkat dari Kabul pada Minggu (17/10) dengan sejumlah warga Amerika Serikat (AS) dan sedang dalam perjalanan ke Doha.

Penerbangan evakuasi kesembilan dari Afghanistan sejak 31 Agustus ini membawa 353 pengungsi, termasuk dosen, staf, dan mahasiswa dari American University of Afghanistan, serta warga dari Afghanistan, AS, Belanda, Denmark dan Australia.

Pejabat itu tidak mengatakan berapa banyak orang AS yang ada di dalamnya. CNN telah menghubungi Departemen Luar Negeri AS.

(Baca juga: Warga AS Keturunan Afghanistan Bantu Warga Lain Keluar dari Negara Itu)

Setibanya di Doha, Qatar, para penumpang akan diangkut ke fasilitas yang saat ini menampung para pengungsi dan akan dites Covid-19. Mereka akan tetap di Doha sampai berangkat ke tujuan akhir mereka.

Pejabat Qatar mengatakan bahwa Qatar akan terus bekerja dengan mitra internasional dalam upaya yang menjamin kebebasan bergerak di Afghanistan, termasuk melalui melayani sebagai mediator aktif antara berbagai pihak. “Kami tetap fokus pada penyediaan bantuan kemanusiaan ke negara itu dan berdedikasi untuk mempromosikan Afghanistan yang stabil dan damai bergerak maju,” terangnya.

(Baca juga: 100 Warga AS Masih Berada di Afghanistan)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini