Dubes Prancis Diusir dari Belarusia

Antara, · Senin 18 Oktober 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 18 2487936 dubes-prancis-diusir-dari-belarusia-bIMk5ufGmn.jpg Pendukung oposisi Belarusia mengibarkan bendera tradisional merah putih dalam demonsrasi menuntut pengunduran diri Presiden Aleksandr Lukashenko. (Foto: Reuters)

PARIS - Duta besar Prancis telah diperintahkan pergi dari Belarusia dan dia telah meninggalkan negara tersebut, demikian dilaporkan Kantor Berita Prancis AFP pada Minggu (17/10/2021) mengutip kedutaan besar Prancis di Minsk.

Kedutaan tidak menjelaskan alasan Duta Besar Nicolas de Bouillane de Lacoste diusir dari Belarusia. Media setempat melaporkan bahwa pemerintah di Minsk telah memanggil pulang dubesnya untuk Paris, Igor Fesenko.

BACA JUGA: Berang dengan Pernyataan Macron, Aljazair Tarik Dubes dari Prancis

Namun, kedubes Prancis menulis di situsnya bahwa Lacoste pada Rabu (13/10/2021) menjamu perwakilan Govori Pravdu (Tell the Truth), organisasi non-pemerintah yang baru-baru ini dilarang, termasuk bertemu salah satu pemimpinnya, Andrey Dmitriev, yang mencalonkan diri pada pilpres tahun lalu.

Kementerian Luar Negeri Belarus dan Prancis serta kedubes Prancis belum dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

BACA JUGA: Presiden Prancis Emmanuel Macron Ajukan Gugatan Setelah Difoto Pakai Baju Renang

Hubungan antara negara-negara anggota Uni Eropa dan Belarus surut sejak Presiden Alexander Lukashenko tahun lalu kembali memenangi pemilihan yang dituduh oposisi diwarnai kecurangan.

Dia menindak keras oposisi dengan menangkap semua tokoh pentingnya atau mengirim mereka ke pengasingan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini