AS dan UNICEF Tandatangani Kesepakatan Dukung Pencegahan dan Respons Covid-19 di Indonesia

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 18 Oktober 2021 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 18 2488104 as-dan-unicef-tandatangani-kesepakatan-dukung-pencegahan-dan-respons-covid-19-di-indonesia-gkSqTnfOEb.jpg Foto: UNICEF.

JAKARTA – Pemerintah Amerika Serikat (AS), melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Badan PBB untuk anak-anak, UNICEF, menandatangani kesepakatan baru untuk jangka waktu lima tahun yang akan mendukung respons Indonesia dalam mengatasi risiko langsung dan dampak jangka panjang pandemi Covid-19.

“Covid-19 telah mengubah kehidupan anak-anak di Indonesia, tetapi pandemi ini tidak seharusnya merampas hak anak untuk masa depan yang sehat dan untuk mewujudkan potensi penuh mereka. Keberlanjutan kemitraan USAID dengan UNICEF akan memperluas dukungan kami untuk Indonesia pada saat yang kritis ini,” kata Direktur USAID Indonesia Ryan Washburn sebagaimana dikutip dalam keterangan media Kedutaan Besar AS Jakarta, Senin (18/10/2021).

BACA JUGA: AS dan Indonesia Rayakan Keberhasilan Kerja Sama Atasi Perubahan Iklim dan Pelestarian Alam

Perjanjian tersebut mencakup hibah USD10 juta (sekira Rp141 miliar) untuk mempercepat pengiriman vaksin Covid-19 yang aman dan efektif secara luas dan merata serta untuk memperkuat sistem kesehatan agar dapat mendeteksi, mencegah, dan merespons Covid-19 dengan lebih baik. Ini diharapkan pada akhirnya dapat mengurangi penyakit, menurunkan kematian dan penyebaran penyakit.

Selain itu, UNICEF juga akan menerima hibah terpisah sebesar USD9 juta (Rp127 miliar) dari USAID untuk mendukung pengadaan pasokan medis penting.

BACA JUGA: Indonesia dan AS Gelar Dialog Strategis Pertama, Bahas Isu Kesehatan Hingga Kawasan

Kontribusi terdahulu dari USAID sebesar USD1 juta (Rp14 miliar) kepada UNICEF telah meningkatkan kesadaran hampir setengah juta masyarakat Indonesia tentang langkah-langkah preventif dalam menurunkan keterpaparan terhadap Covid-19 melalui kemitraan dengan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, dua organisasi keagamaan terbesar di Indonesia.

Pendanaan USAID juga mendukung peluncuran kampanye digital #COVID19Diaries yang menyediakan platform bagi anak muda untuk berbagi cerita selama pandemi dan berkontribusi terhadap distribusi pasokan air, sanitasi, serta higiene bagi lebih dari 3,5 juta orang.

“Meskipun lonjakan COVID-19 di Indonesia baru-baru ini mulai mereda, kita harus tetap waspada dalam upaya kita melawan virus dan tetap ingat bahwa pandemi belum berakhir,” kata UNICEF Representative Debora Comini.

“Jutaan anak dan masyarakat di seluruh Indonesia terus melihat dampak drastis terhadap kesehatan, pendidikan, dan perlindungan mereka. Melalui kontribusi dari Amerika Serikat, UNICEF dapat terus mendukung Indonesia untuk merespons kebutuhan mendesak dan dampak serius COVID-19 terhadap anak-anak yang akan bertahan lebih lama dari pandemi ini.”

Sejak awal pandemi, Pemerintah AS telah menyediakan lebih dari USD77 juta (Rp1,085 triliun) untuk mendukung respons Covid-19 di Indonesia. AS bekerja sama erat dengan Indonesia untuk mempercepat deteksi dan pelacakan kasus Covid-19, meningkatkan kemampuan laboratorium, surveilans penyakit, dan kapasitas respons cepat, memfasilitasi peluncuran vaksinasi yang menyelamatkan jiwa serta memastikan lebih banyak orang tahu apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri dan orang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini