Warga yang Tergelincir Akibat Salju Bisa Ajukan Tuntutan

Vanessa Nathania, Okezone · Sabtu 23 Oktober 2021 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 18 2490535 warga-yang-tergelincir-akibat-salju-bisa-ajukan-tuntutan-6fcYqCEdF2.jpg Salju di Kanada (Foto: Unsplash)

KANADA - Mahkamah Agung Kanada telah memutuskan bahwa kotamadya tidak kebal hukum atas kelalaian atau klaim kewajiban mengenai pembersihan salju.

Kasus ini dibawa oleh seorang wanita yang kakinya terluka saat memanjat tebing salju di Nelson, British Columbia, pada 2015.

Gugatan terkait masalah penumpukan salju yang diajukan Taryn Joy Marchi senilai USD1 juta (Rp14 miliar) akan memulai persidangan baru.

Marchi mencoba menggugat Kota Nelson setelah kakinya terluka saat mencoba memanjat tebing salju untuk mencapai trotoar setelah memarkir mobilnya.

Baca juga: Kejadian Langka, Brasil Dilanda Hujan Salju dan Cuaca Beku

Kota telah membersihkan beberapa tempat parkir, menumpuk salju di sepanjang trotoar ke trotoar, tanpa membuka jalan setapak.

Hakim pertama yang mendengar kasus Marchi mengatakan dia telah menjadi "penulis kemalangannya sendiri" dan telah mengambil risiko ketika dia memanjat tebing salju. Pengadilan yang lebih rendah menemukan penghapusan salju menjadi kebijakan inti kota, dan dengan demikian kebal terhadap litigasi.

Baca juga: Salju Turun di Arab Saudi untuk Pertama Kali dalam 50 Tahun

Tetapi Mahkamah Agung menganggap keputusan itu terlalu luas. Sedangkan keputusan untuk menyediakan pembersihan salju dapat dianggap sebagai kebijakan umum kotamadya.

"Dengan membersihkan tempat parkir di Baker Street, Kota mengundang anggota masyarakat untuk menggunakannya untuk mengakses bisnis di sepanjang jalan," terang pemerintah.

"Penggugat sedang berusaha melakukan hal itu ketika dia jatuh ke tumpukan salju yang telah dibuat oleh Kota selama pembersihan salju,” lanjutnya.

Putusan Kamis (21/10) oleh pengadilan tinggi Kanada dapat memicu tuntutan hukum secara masif di seluruh negeri.

Kota-kota tidak bertanggung jawab atas keputusan kebijakan, tetapi pengadilan menuntut tindakan penghapusan salju harus dilakukan.

Kasus ini telah menarik perhatian luas, dengan Kota Toronto dan Kota Abbotsford bertindak sebagai campur tangan dalam kasus ini, bersama dengan jaksa agung dari provinsi Alberta, British Columbia dan Ontario.

Kota-kota di Kanada sudah menghabiskan ratusan juta untuk menghilangkan salju setiap tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini