Partai Perindo Berikan Penghargaan ke Bupati Malra Sebagai Bapak Toleransi

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 23 Oktober 2021 07:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 23 340 2490470 partai-perindo-berikan-penghargaan-ke-bupati-malra-sebagai-bapak-toleransi-NlrJhnUpdy.jpg Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (Foto: MNC Portal)

MALUKU - Partai persatuan Indonesia (Perindo) memberikan penghargaan kepada Bupati Maluku Tenggara (Malra) Muhamad Thaher Hanubun sebagai bapak toleransi di bumi hukum adat, atau dalam bahasa daerah menyebutnya bumi larwul ngabal. yang artinya adalah dara merah tombak dari Bali sebagai lambang filsafat hukum adat orang Kei.

Perindo menilai Bupati Marla selalu membangun seluruh tempat-tempat ibadah tanpa memandang perbedaan. Penghargaan itu diberikan pada saat pembukaan kegiatan rapat pimpinan wilayah (rapimwil) Provinsi Maluku Partai Perindo dan juga sekaligus merayakan hari ulang tahun Partai Perindo ke-7 yang bertempat di Kabupaten Malra.

Kegiatan Rapimwil melibatkan 106 orang, terdiri dari 15 fungsionaris DPW, 33 fungsionaris DPD dari 11 kabupaten/kota / anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota dari Perindo sebanyak 16 peserta dan perwakilan dari 11 DPC se-Kabupaten Maluku Tenggara sebanyak 33 orang.

Baca juga: Buka Rapimwil Maluku, Hary Tanoesoedibjo: Partai Perindo Konsisten Perjuangkan Kesejahteraan Rakyat

 Ketua panitia Benedictus Fadly Rejaan mengatakan berdasarkan kajian dari DPD dan DPW Perindo Provinsi Maluku, Bupati Maluku Tenggara diberikan penghargaan sebagai Bapak Toleransi di Bumi Larwul Ngabal atas kesediaannya sebagai inisiator dalam upaya bimbingan antara umat beragama.

Mulai dari upaya perdamaian saat konflik SARA pada 1999 sampai keberpihakannya dalam upaya membangun rumah-rumah ibadah yang baru dan yang masih belum terselesaikan dalam waktu yang cukup lama, baik itu gereja dan mesjid di Kabupaten Malra.

Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Maluku Mohamad Isa Raharusun dalam sambutanya menyampaikan gelar yang diberikan bukan hanya sebagai euforia, tetapi mereka telah memantau dan mengamati kandidan mana yang tepat.

Baca juga: Wasekjen PBNU: Partai Perindo Harus Menjadi Pilihan Masyarakat Santri

Ternyata dari sekian bupati hingga Bupati Malra, hanya Muhamad Thaher Hanubun yang masuk keluar rumah tanpa memandang agama baik Katolik, Protestan maupun Islam.

Menurut dia, satu-satunya bupati di Kabupaten Maluku Tenggara yang memberikan sumbangan terbesar pada rumah-rumah ibadah dengan nilai Rp1 miliar – Rp2,5 miliar hanyalah Muhamad Thaher Hanubun.

“Beliau ini sebagai tokoh yang beragama Islam taat, sudah haji tapi atas pandangan kami, beliau ini melihat semua masyarakat di Malra sama di mata Tuhan,” ujar Isa.

Sementara itu, saat memberikan sambutan Thaher mengatakan jika perbedaan itu adalah aset yang harus kita kelola untuk membesarkan partai kita, yakni Partai Perindo.

Dia berpesan agar Partai Perindo dapat terus menerus bekerja keras mempersiapkan kader-kadernya agar berkualitas.

“Jangan di hitung siapa yang akan menjadi anggota DPRD, tetapi bagaimana membesarkan partai itu,” terangnya.

Usai memberikan sambutan, Bupati Malra diberikan kesempatan untuk menerima penghargaan tersebut yang diserahkan Semin Masreng sebagai Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Maluku Tenggara.

Thaher saat diwawancarai mengatakan hari ini semacam sesuatu yang sangat luar biasa dari Partai Perindo membuatnya tidak mampu berkata-kata.

“Dan ini memang hasil kerja dan inilah balasan Tuhan kepada Saya,” terangnya.

Ketua Fraksi Partai Perindo amanat berkarya DPRD Provinsi Maluku Jantje Wenna mengungkapkan jika dari kerja kerasnya seorang Bupati Malra tentang pembangunan hari ini menjadi suatu kenyataan.

“Dan dari Partai Perindo memberikan penghargaan untuk Bupati Malra bukanlah sesuatu yang untuk memuji tetapi lahir dari suatu kenyataan,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini