Tak Segan Lukai Korban saat Beraksi, 10 Pelaku Begal Ditangkap

Azhari Sultan, Okezone · Senin 25 Oktober 2021 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 340 2491633 tak-segan-lukai-korban-saat-beraksi-10-pelaku-begal-ditangkap-Tse1gpzPwO.jpg Sepuluh begal ditangkap. (Azhari Sultan)

JAMBI - Dua kelompok begal yang diduga geng motor ditangkap Satreskrim Polresta Jambi. Dari dua kelompok remaja tersebut, 10 orang diamankan di tempat berbeda.

Kapolresta Jambi, Kombes Eko Wahyudi mengatakan mereka merupakan pelaku dari dua kasus berbeda. Mereka ditangkap petugas pada Minggu malam kemarin.

"Ada 2 laporan yang sudah kita terima, yang pertama laporan tanggal 20 Agustus lalu, lokasinya di Perum Villa Kenali, Kelurahan Mayang Mangurai, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi. Lokasi kedua pada 18 Oktober lalu di Jalan Sriwijaya, Kelurahan Beliung, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi," ucapnya, Senin (25/10/2021).

Dia menjelaskan, dalam 2 kasus ini terdapat 10 tersangka yang sudah diamankan. "Setiap TKP kita amankan 5 orang, untuk tersangka yang diamankan di Perum Villa Kenali berinisial PJ, TA, MD, LP, dan L. Untuk di Kelurahan Beliung berinisial EY, HS, FP, MPl dan ABAB," urainya.

Menurutnya,dari hasil penyelidikan kronologis dari dua kejadian ini dilakukan oleh geng motor dengan modus operasinya selalu berpindah-pindah. Selain itu, sasarannya pengendara roda dua.

Ironisnya, dari pengakuan pelaku dalam menjalankan aksinya gerombolan ini mengawalinya selalu dengan mengkonsumsi minuman keras (miras).

"Baik sendiri maupun berdua, aksi mereka selalu diawali dengan mengkonsumsi miras. Selanjutnya, mereka baru mencari sasaran dengan targetnya bersifat mobile," tutur Eko.

Berikutnya, bila ditemukan di jalan raya ada orang yang mengendarai sepeda motor, mereka melakukan aksinya dengan mencegatnya.

Tidak hanya itu, mereka nekat merampas handphone maupun meminta uang. Bahkan, tega melukai korbannya.

Baca Juga : Dibegal Geng Motor, Pinggang Siswa SMP Dibacok

"Mereka ini tidak segan-segan melakukan tindakan kekerasan dengan nekat melukai korbannya," ujar Kapolresta.

Diakuinya, sampai saat ini belum ada korban jiwa berjatuhan. Hanya saja, para korban mengalami luka bacok yang cukup serius dibagian tubuhnya.

"Alhamdulillah, saat ini belum ada korban jiwa, tapi kalau korban luka sebanyak 2 orang. Dari keterangan pelaku, motif mereka adalah faktor ekonomi serta mencari senang-senang saja," kata Eko.

Dia juga mengatakan, kelompok ini saat menjalankan aksinya secara spontan tanpa adanya struktur.

"Tidak ada struktur, mereka ini melakukannya dengan spontan. Tidak ada penunjukan siapa ketua, wakil dan sebagainya. Motifnya untuk mencari uang dan hasilnya untuk dibelikan miras," ujar Eko.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kesepuluh pelaku harus mendekam di sel tahanan Polresta Jambi untuk kepentingan penyelidikan selanjutnya.

Atas kejadian tersebut, pelaku diganjar Pasal 365 KHUPidana tentang tindak pidana pencurian dan kekerasan, dengan kurungan penjara maksimal 9 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini