Partai Perindo Sumut Bina Petani Lokal Kembangkan Komoditi Porang

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Kamis 28 Oktober 2021 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 608 2493337 partai-perindo-sumut-bina-petani-lokal-kembangkan-komoditi-porang-5KfNFSeH6W.JPG Partai Perindo Sumut bina petani lokal (Foto: Ist)

DELISERDANG - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) membina puluhan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sejahtera (Kentara) untuk mengembangkan komoditi porang.

Penanaman perdana (kick off) pembinaan para petani ini telah dilakukan di Desa Sidodadi, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara pada Kamis (28/10/2021).

Penanaman porang di antaranya dilakukan Ketua DPW Rudi Zulham Hasibuan, Sekretaris Wilayah Donna Yulietta Siagian, Wakil Ketua Bidang Organisasi Iskandar, Wakil Ketua Bidang Kader dan Saksi Budianta Tarigan, jajaran pengurus DPD Perindo Deliserdang yang diketuai Gunung Siagian, serga Ketua Kentara M Tanjung.

Penanaman perdana serta pengembangan komoditas baru tersebut juga dilakukan menggandeng DPP Kelompok Kerja Petani Porang Intelektual (KPPI) yang saat itu dihadiri Ketua DPP Muspriadi bersama Sekjen DPP Paskalis Sitompul.

Rudi Zulham dalam sambutannya dalam kegiatan yang berlangsung di tengah panas terik di areal lahan tanaman porang itu menyebutkan, langkah pihaknya menggandeng Kentara sebagai wujud nyata upaya partai tersebut menjadi solusi di tengah masyarakat yang terdampak pandemi.

Sekedar diketahui, tanaman porang yang bisa diolah menjadi bahan pangan berkualitas ekspor sudah bisa dipanen dalan usia empat hingga enam bulan.

Kata Rudi, melalui kerja sama tersebut pihaknya mencanangkan DPW Partai Perindo Sumut akan menjadi lokomotif sekaligus menjadi role model pengembangan tanaman porang serta mendukung program Presiden Jokowi yang mencanangkan Indonesia menjadi lumbung tanaman porang kelas dunia.

Menurut Rudi, penanaman perdana tersebut akan ditindaklanjuti dengan upaya mengembangkan tanaman porang di Sumut dan daerah kabupaten lainnya serta akan dilanjutkan untuk skala nasional menggandeng DPW Perindo di daerah lain.

Menjawab pertanyaan wartawan Rudi Zulham menyebutkan pihaknya akan memberikan bimbingan bantuan suntikan modal kepada petani dengan melibatkan ahli pertanian membimbing para petani anggota Kentara yang dikomandoi M Tanjung.

Sebelumnya pada kesempatan itu Sekjen KPPI Paskalis Sitompul dalam sambutannya menyebutkan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung upaya Partai Perindo Sumut untuk mendukung anggota Kentara mengembangkan tanaman porang di daerah itu.

Disebutkannya, dari pengamatan pihaknya selama ini areal kawasan yang kini ditanami komoditas porang tersebut ditanami jenis tanaman muda seperti semangka dan jagung.

Pihak KPPI berharap, para petani yang tergabung dalam Kentara termasuk masyarakat sekitar dapat mengelola lahannya lebih produktif dengan menanam porang meniru yang dilakukan Kentara.

Memurut Ketua DPP KPPI Muspriadi komoditas tanaman porang yang kaya glucosa dapat diolah menjadi setara pangan beras yang saat ini sekitar 80 persen diekspor ke Tiongkok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini