Bayi Mungil Terpapar Virus Herpes Setelah Dicium, Ini Permintaan dari Sang Ibu

Muhammad Alvindra Putra, Okezone · Selasa 30 November 2021 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 18 2509691 bayi-mungil-terpapar-virus-herpes-setelah-dicium-ini-permintaan-dari-sang-ibu-rkeTn3uhl5.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

LONDON - Siapa yang tidak gemas melihat bayi mungil dan lucu? Karena ingin menunjukkan rasa sayang, banyak orang yang senang memeluk dan mencium bayi. Namun, tindakan ini ternyata tidak baik dilakukan, karena bayi yang sering dicium akan lebih rentan terkena penyakit infeksi.

Hal ini yang terjadi pada seorang bayi di Inggris yang terkena virus HSV-1, atau yang biasa dikenal dengan Herpes setelah dicium.

BACA JUGA: Hati-Hati dalam Berhubungan Seks, Ada Herpes Jenis Baru!

Sang Ibu berbagi kisahnya di halaman Instagram paramedis Tiny Hearts. Dia mengatakan tidak kuat untuk melihat buah hatinya menderita luka gusi yang parah dan meminta agar orang-orang di sekitarnya untuk berhenti mencium bayinya.

"Kami belum pernah berada di sekitar siapa pun yang menderita sakit flu akhir-akhir ini, saya tidak henti-hentinya untuk mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan dan untuk sangat berhati-hati ketika Anda berada di sekitar anak kecil. Tidak ada bayi atau ibu yang harus menanggung ini,” ujarnya sebagaimana dilansir Mirror.

BACA JUGA: Waspada, Virus Herpes Menyerang dan Gejalanya Mirip dengan Penyakit Flu

Ditambahkan si ibu bahwa kondisi ini diharapkan akan reda dengan sendirinya dalam dua minggu.

“Sekarang sudah lebih dari seminggu, yang ingin dilakukan bayi saya hanyalah mengisap ibu jarinya dan dia bahkan tidak bisa melakukannya, Secara harfiah tidak ada yang bisa saya lakukan untuk menghilangkan rasa sakitnya,” tuturnya.

Terkait dengan kasus ini, Nikki, paramedis yang mengelola halaman Instagram Tiny Hearts merespon empati kepada ibu dan bayinya tersebut.

“(Bayi ini) berjuang untuk minum air karena dia sangat kesakitan karena lecet yang menutupi mulutnya sepenuhnya akibat herpes labialis,” kata Nikki.

Nikki mengingatkan tentang pentingnya menormalkan kalimat 'Don’t Kiss My Baby' ini adalah pengingat Anda bahwa melindungi si kecil dengan beberapa aturan sederhana dan mudah-mudahan akan menghindari dari banyaknya virus menular lainnya.

Selanjutnya, melalui halaman Instagram Tiny Hearts, Nikki memberikan tips sehat sebelum menyentuh bayi.

Pentingnya mendidik orang yang Anda cintai tentang bahaya mencium bayi. Pastikan Anda dan orang lain untuk cuci tangan dengan benar. Kemudian jangan biarkan si kecil berbagi minuman, peralatan makan, atau mainan dan jangan biarkan siapa pun memasukkan jarinya ke dalam mulut si kecil. Dalam skenario kasus terburuk, itu bisa berakibat fatal.

Nikki juga memberikan informasi terkait virus HSV-1 yang menjangkiti bayi tersebut.

“Herpes sangat berbahaya bagi bayi di bawah enam bulan dan bayi baru lahir karena sistem kekebalannya masih berkembang, Virus HSV-1, cold sore atau herpes semuanya dapat dengan mudah ditularkan ke bayi dan balita melalui kontak seperti ciuman,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini