Share

5 Kasus Penembakan Sekolah Paling Mematikan, Sebagian Besar Terjadi di AS

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 06 Desember 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 18 2512290 5-kasus-penembakan-sekolah-paling-mematikan-sebagian-besar-terjadi-di-as-Oz3fMMsAzp.jpg Penembakan di Oxford High School di Michigan, Amerika Serikat, 30 November 2021. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Sekolah yang seharusnya menjadi tempat aman bagi para siswa untuk menuntut ilmu, ternyata bisa menjadi sasaran penembakan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Melansir berbagai sumber, insiden penembakan massal dengan korban terbanyak terjadi di sebuah sekolah di Las Vegas, Amerika Serikat pada 2017, yang menewaskan 59 orang. Selain peristiwa tersebut, terdapat beberapa kejadian serupa, sebagaimana dirangkum berikut ini.

1. Sandy Hook Elementary School, Connecticut

Pada Jumat (14/12/2012), tragedi terjadi di sebuah sekolah dasar di negara bagian Connecticut, Amerika Serikat. Insiden ini terjadi pada pukul 09.30 waktu setempat, ketika pelaku yang berinisial AL memecahkan kaca jendela dengan peluru. Pelaku merupakan seorang pria yang diduga mengalami gangguan mental.

BACA JUGA: Tragedi Sandy Hook, Saat Penembak Gila Renggut 26 Nyawa Siswa dan Guru

Penembakan ini mengakibatkan total 26 orang tewas. Dari jumlah itu, 20 orang di antaranya adalah siswa Sandy Hook Elementary School, sementara 6 orang lainnya merupakan staf sekolah tersebut. Setelah melakukan perbuatan keji tersebut, pelaku menembak dirinya sendiri di ruangan kelas pada pukul 09.40 waktu setempat.

BACA JUGA: 7 Orang Tewas dalam Penembakan di Sekolah Rusia

2. Marjory Stoneman Douglas High School, Florida

Insiden ini merupakan salah satu insiden penembakan dengan korban jiwa terbanyak setelah insiden yang terjadi di Connecticut. Pada Rabu (14/2/2018), seorang siswa yang dikeluarkan dari sekolah tersebut, NC (19), melepaskan tembakan dari luar gedung.

Tembakan itu menewaskan 3 orang. Setelah memasuki area sekolah, ia kemudian menembak 12 orang lainnya. Beberapa orang luka segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Namun, sesampainya di rumah sakit, 2 orang di antaranya tewas. Total korban jiwa yang jatuh dalam insiden ini mencapai 17 orang.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

3. Oxford High School, Michigan

Pada Selasa (30/11/2021) di Michigan, Amerika Serikat, terjadi penembakan yang dilakukan oleh seorang remaja laki-laki berusia 15 tahun. Ia menembakkan 15 hingga 20 tembakan dengan pistol semi-otomatis.

Melansir Okezone, remaja pria ini diketahui bergerak sendiri tanpa bantuan dari pihak manapun dan segera menyerahkan diri kepada pihak kepolisian setelah niatnya terpenuhi. Akibat kejadian tersebut, 3 orang kehilangan nyawa dan 8 orang lainnya menderita luka-luka.

4. Santa Fe, Texas

Salah seorang siswa yang bersekolah di Santa Fe, Texas, melakukan penembakan terhadap teman-temannya pada Jumat (18/5/2018). Menggunakan senapan dan pistol revolver, ia menghabisi nyawa 10 orang murid dan staf di sekolah tersebut, serta melukai sejumlah murid lainnya.

Pelaku yang berinisial P, menurut teman-temannya, merupakan seorang penyendiri yang bergabung dengan klub rugby di sekolah tersebut. Terungkap dari buku harian pelaku, setelah melakukan penembakan ia dikabarkan ingin melakukan bunuh diri. Namun hal ini urung dilaksanakan.

5. Sekolah No. 175, Kazan, Rusia

Seorang mantan siswa berinisial IG (19 tahun) melepaskan tembakan di sekolah tempatnya pernah menuntut ilmu pada Selasa (11/5/2021). Selain senapan, ia juga mempersenjatai diri dengan satu alat peledak rakitan. Setelah satu jam, pelaku berhasil diamankan oleh pihak keamanan. Namun, kerusakan yang disebabkannya tersebut cukup parah.

Sebanyak 7 siswa dan 2 staf sekolah meregang nyawa akibat aksi brutal tersebut. Selain itu, sedikitnya 18 orang siswa dan beberapa staf sekolah mengalami luka-luka. Dilaporkan, 8 orang siswa dirawat dan 2 di antaranya berada dalam kondisi kritis. Ketika menjalani pemeriksaan, pelaku diduga mengalami gangguan jiwa karena ia mengklaim dirinya sebagai Tuhan dan memiliki monster dalam dirinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini