Share

Nakes Didenda Rp2 Miliar Lantaran Dituding Sebarkan Hasil Uji Lab Makanan Berformalin

Nasruddin Rubak, iNews · Selasa 14 Desember 2021 00:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 340 2516509 nakes-didenda-rp2-miliar-lantaran-dituding-sebarkan-hasil-uji-lab-makanan-berformalin-slX0und4js.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

LUWU TIMUR - Hasmawati, seorang tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Wawondula Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, bersama lima orang rekannya dijerat Undang-Undang informasi transaksi elektronik, ITE dan didenda Rp2 miliar terkait kasus formalin pada tahun 2019. Diketahui, kasusnya saat ini telah memasuki tahap kasasi.

Ia bersama lia rekannya harus menelan pil pahit atas perintah Kepala Puskesmas Wawondula, hingga akhirnya dituntut oleh penggugat atas nama Frengky yang merupakan pengusaha ayam potong di Pasar Wawondula lantaran hasil uji laboratorium pengambilan sampel makanan yang dijual di Pasar Wawondula positif mengandung formalin setelah dilakukan uji laboratorium.

Keterangan hasil uji laboratorium makanan yang mengandung formalin itu selanjutnya diserahkan kepada tim terpadu dalam amplop bersegel yang disaksikan oleh Kepala Puskesmas Wawondula sebagai penanggungjawab.

Sehari setelah penyerahan, dokumen tersebut akhirnya viral di media sosial, dan membuat masyarakat di resah. Hasmawati dan rekannya heran uji laboratorium yang sudah diserahkan bisa terpublik ke media sosial.

Baca Juga : Duplikasi Data, BPK Temukan Kelebihan Pembayaran Insentif 8.961 Nakes

Para tergugat akhirnya berkoordinasi dengan tim terpadu bagian farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur perihal beredarnya hasil uji laboratorium tersebut di media sosial. Namun, pihak farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur hanya menjawab akan melakukan pengambilan sampel ulang di tempat yang berbeda di Kecamatan Nuha, Kabuapten Luwu Timur, selanjutnya akan diuji di BPOM Kota Palopo.

Hasmawati dan lima rekannya dituding menyebarkan hasil uji laboratorium ke publik dan dijerat Undang-Undang ITE serta didenda Rp2 miliar.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini