Share

Serangan Koalisi Arab Saudi Tewaskan Setidaknya 14 Orang di Yaman

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 18 Januari 2022 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 18 2534036 serangan-koalisi-arab-saudi-tewaskan-setidaknya-14-orang-di-yaman-90EHnJwBoT.JPG Orang-orang berusaha mencari korban di bawah puing bangunan yang runtuh akibat serangan udara koalisi di Sanaa, Yaman, 18 Januari 2022. (Foto: Reuters)

ADEN - Serangan udara yang dilancarkan koalisi pimpinan Arab Saudi menewaskan sekira 14 orang di sebuah gedung di Ibu Kota Yaman, Sanaa, demikian kata penduduk pada Selasa (18/1/2022). Serangan itu dilancarkan sehari setelah kelompok Houthi melancarkan serangan terhadap mitra koalisi, Uni Emirat Arab (UEA) di Abu Dhabi yang menewaskan tiga orang.

Koalisi juga mengatakan telah mencegat delapan drone yang diluncurkan ke Arab Saudi pada Senin (17/1/2022).

BACA JUGA: ABK WNI Disandera Kelompok Houthi di Yaman, Kemlu RI: Korban dalam Keadaan Baik

Pada Selasa pagi, koalisi mengatakan telah memulai serangan udara terhadap benteng dan kamp milik Houthi di Sanaa, demikian dilaporkan media pemerintah Saudi.

Serangan itu tampaknya menjadi yang paling mematikan sejak 2019.

BACA JUGA: Koalisi Arab Saudi Lancarkan Serangan Udara ke Yaman, 115 Pemberontak Houthi Tewas

Serangan yang menewaskan sekitar 14 orang itu, menurut perkiraan awal, terjadi di rumah seorang mantan pejabat militer. Serangan itu, yang paling mematikan di Sanaa sejak 2019, menewaskan panglima militer tersebut, istrinya, putranya yang berusia 25 tahun, anggota keluarga lainnya dan beberapa orang tak dikenal, menurut keterangan sumber medis dan penduduk kepada Reuters.

Sementara wakil menteri luar negeri untuk pemerintahan Houthi mengatakan bahwa serangan koalisi di sekitar kota telah menewaskan total sekira 20 orang.

TV Al Masirah yang dikelola Houthi mengatakan serangan telah merusak rumah, menewaskan sedikitnya selusin orang dan melukai sekitar selusin lainnya.

UEA telah mempersenjatai dan melatih pasukan Yaman yang baru-baru ini bergabung dalam pertempuran melawan Houthi di daerah penghasil energi Yaman, Shabwa dan Marib. 

Serangan yang diklaim Houthi pada Senin terjadi di dua lokasi di UEA memicu ledakan di truk bahan bakar, menewaskan tiga orang dan memicu kebakaran di dekat bandara Abu Dhabi.

Sebagai tanggapan, UEA mengatakan berhak untuk menanggapi "serangan teroris dan eskalasi kriminal".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini