Share

Drone di Atas Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Menarik Perhatian Agen Mata-Mata

Susi Susanti, Okezone · Selasa 18 Januari 2022 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 18 2534150 drone-di-atas-pembangkit-listrik-tenaga-nuklir-menarik-perhatian-agen-mata-mata-wlztPhW0jF.jpg Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Swedia (Foto: TT via AP)

SWEDIA - Kepolisian Swedia awalnya ditugaskan untuk menyelidiki penampakan drone setelah dilaporkan ada di dua lokasi di Forsmark, utara Stockholm, dan Oskarshamn, di tenggara.

Namun Dinas Keamanan Swedia, yang dikenal sebagai SAPO, mengambil alih penyelidikan setelah laporan ketiga tentang penampakan drone di dekat situs tenaga nuklir terbesar di negara itu, yang terletak di Ringhals di pantai barat.

Polisi pertama kali diberitahu tentang situasi itu pada Jumat (14/1) tetapi kehilangan jejak perangkat udara tak berawak itu. Para pejabat mengklaim drone itu cukup besar untuk mengatasi angin kencang di daerah itu pada saat itu.

Baca juga: Kepolisian Swedia Tangkap 3 Terduga Pelempar Molotov ke Sinagoga Yahudi

“Terkait dengan kasus penerbangan drone di tiga pembangkit listrik tenaga nuklir, penilaian dibuat sedemikian rupa sehingga penyelidikan awal telah diambil alih dari otoritas kepolisian untuk dapat menyelidiki insiden secara lebih rinci, ” kata SAPO dalam sebuah pernyataan.

Pihak berwenang belum mengumumkan tersangka di balik insiden drone sejauh ini.

 Baca juga: Jet Tempur Arab Saudi Mengebom Yaman Usai Serangan Drone Abu Dhabi

Dikutip media lokal, Associate professor di Swedish National Defense College Hans Liwang, mengatakan bahwa negara tersebut tidak siap untuk potensi ancaman drone, karena para pejabat belum benar-benar beradaptasi dengan kenyataan hari ini.

Seperti diketahui, reaktor Ringhals 2 ditutup pada 2019 karena biaya perawatan dan kurangnya keuntungan. Penutupan ini menyusul penonaktifan dua fasilitas di tempat lain di negara itu, di Agesta dan Barseback.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini