Share

4 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak, Salah Satunya Raksasa Asia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 28 Januari 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 18 2538758 4-negara-pemilik-senjata-nuklir-terbanyak-salah-satunya-raksasa-asia-nnx6cYGQd4.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA – Kepemilikan senjata nuklir merupakan sebuah isu penting yang hingga saat ini menjadi pembicaraan di dunia internasional. Sebagai senjata pemusnah massal yang mematikan, senjata nuklir memberikan pengaruh besar bagi negara pemiliknya.

Kekuatan senjata nuklir, yang dapat menghancurkan wilayah yang luas, menyebabkan radiasi dan membunuh puluhan bahkan ratusan ribu orang dalam waktu singkat, digunakan oleh negara sebagai deterrent atau pencegah ancaman. Namun, di sisi lain kekhawatiran akan penggunaan senjata nuklir yang akan menimbulkan bencana besar selalu muncul.

Hingga hari ini hanya ada segelintir negara yang tercatat memiliki senjata nuklir, berikut beberapa di antaranya:

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) dikenal sebagai negara yang memproduksi senjata nuklir. Ketika itu, AS menggunakan senjata nuklir saat menjatuhkan bom atom Hiroshima dan Nagasaki di Jepang.

Menurut data dari Arms Control Association, Departemen Luar Negeri AS menyebutkan bahwa total hulu ledak nuklir aktif dan tidak aktif sebanyak 3.750 unit per September 2020. Terdapat 1.750 hulu ledak nuklir pensiun yang menunggu pembongkaran dari total 5.550 hulu ledak nuklir pada awal 2021.

2. Rusia

Rusia mempunyai sebagian besar senjata nuklir dunia. Pemerintah Rusia memandang senjata nuklir sebagai bagian sentral dari strategi keamanan negara.

Menurut Federation of American Scientists (FAS), diperkirakan persediaan militer Rusia terdiri dari sekitar 4.497 hulu ledak nuklir, dengan 1.760 hulu ledak nuklir pensiun yang menunggu pembongkaran pada Januari 2021.

3. Inggris

Inggris menjadi negara yang mengembangkan serta menguji senjata nuklir. Pada Perang Dunia II, Inggris mempunyai proyek senjata nuklir bernama “Tube Alloys”.

Diketahui, Inggris mempunyai 225 hulu ledak strategis, di mana 120 unit dikerahkan dan 105 unit disimpan. Selain itu, Inggris mempunyai empat kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir kelas Vanguard Trident yang membentuk penangkal nuklir.

4. China

China mengembangkan senjata nuklir selama Perang Dingin. China mempunyai 350 hulu ledak. Menurut Departemen Pertahanan AS, jumlah hulu ledak nuklir di China akan bertambah. Hal ini lantaran China telah mempercepat pengembangan nuklirnya.

Departemen Pertahanan AS memperkirakan China mungkin mempunyai hingga 700 hulu ledak nuklir yang dapat dikirim pada 2027 dan 1.000 hulu ledak nuklir pada 2030.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini