Share

3 Negara dengan Anggaran Pertahanan Terbesar di Dunia, Besarnya Fantastis

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 28 Januari 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 18 2538865 3-negara-dengan-anggaran-pertahanan-terbesar-di-dunia-besarnya-fantastis-1GNYcTJw6F.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA - Militer adalah tembok pertahanan kokoh bagi sebuah negara. Beberapa negara di dunia sengaja menganggarkan dana besar demi pertahanan militernya, dengan nilai ratusan triliun, bahkan hingga puluhan kuadriliun rupiah.

Berikut 3 negara dengan anggaran pertahanan terbesar:

BACA JUGA:Biden Sahkan Anggaran Pertahanan AS, Besarnya Hampir Rp11 Kuadriliun 

1. Amerika Serikat

Sebagai negara adidaya, Amerika Serikat (AS) tentu memiliki anggaran pertahanan yang paling fantastis. Pada 2021 AS menyiapkan dana sebesar USD740,5 miliar, sedikit turun dari anggaran tahun 2020 sebesar USD778 miliar.

Situs Statista menyebut, AS menghabiskan dana sebesar USD766,58 miliar (sekira Rp10,6 kuadriliun) pada 2020. Anggaran itu dialokasikan untuk mendanai gaji, pelatihan, pesawat militer baru, persenjataan baru, dan pengembangan teknologi. Sementara itu, AS juga memiliki alutsista cukup kuat di dunia.

Laporan CNN menyebutkan bahwa AS memiliki 3 juta personel militer dengan 4.800 situs pertahanan yang tersebar di berbagai wilayah. Beberapa alutsista canggih AS adalah pesawat tempur siluman F-22, pesawat pengebom B-1, kapal selam serang, kapal penjelajah, dan kapal perusak.

BACA JUGA:Lebih dari Rp10 Kuadriliun, Gabungan Anggaran Pertahanan China dan Rusia Lampaui AS

2. China

China menjadi negara yang anggaran pertahanannya naik dari tahun ke tahun. Melansir laman CSIS (Center for Strategic and International Studies), bertambahnya anggaran pertahanan China ini beriringan dengan ekonominya yang juga bertumbuh.

Negara itu menganggarkan dana sebesar RMB1,36 triliun (sekira Rp3,065 kuadriliun) untuk pertahanannya. Angka ini meningkat sebesar 6,8 persen dibandingkan dengan 2020 silam. Anggaran ini tentunya digunakan China untuk melakukan pengembangan terhadap teknologi militernya, penelitian dan pelatihan para prajuritnya.

China termasuk negara dengan pertahanan militer yang mumpuni. China pertama kali memperkenalkan senjata hipersonik pada 2019, menjadikannya negara pertama yang terang-terangan mengumumkan kepemilikan senjata ini.

Senjata hipersonik merupakan senjata militer yang mampu melakukan perjalanan jauh lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan suara di udara. Ada dua jenis senjata hipersonik yang digunakan saat ini, yakni rudal jelajah dan kendaraan luncur.

3. India

Negara ini menganggarkan biaya sebesar USD18,48 miliar (Rp265 triliun) untuk anggaran pertahanannya di tahun 2021 – 2022. Informasi itu tertera dalam laman Defense News. Besaran dana ini mampu dianggarkan pemerintah India, meskipun di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Apabila ditambah dengan biaya pensiun bagi para prajuritnya, maka total anggaran akan bertambah menjadi USD49,6 miliar.

Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar USD47,98 miliar. Pada tahun lalu, anggaran digunakan untuk belanja senjata darurat demi menghadapi konfrontasi China. Sementara itu, anggaran juga digunakan untuk memberikan gaji, tunjangan, dan pemeliharaan senjata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini