Share

Kapal Kargo Membawa 4.000 Mobil Porsche dan VW Terbakar di Laut, Nasib Kendaraan Mewah Tidak Jelas

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 18 Februari 2022 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 18 18 2549389 kapal-kargo-membawa-4-000-mobil-porsche-dan-vw-terbakar-di-laut-nasib-kendaraan-mewah-tidak-jelas-9tVJbP9WwJ.jpg Kapal kargo membawa 4.000 mobil Porsche dan VW terbakar di laut (Foto: Reuters)

PORTUGIS - Angkatan Laut Portugis mengatakan sebuah kapal pengangkut mobil yang membawa 4.000 mobil Porsche dan Volkswagen (VW) ke Amerika Serikat (AS) terbakar dan terkatung-katung nasibnya di Atlantik tengah pada Rabu (16/2).

22 awak kapal dilaporkan telah dievakuasi. Namun nasib ribuan mobil mewah di atas kapal itu tidak jelas dan pasti. Menurut pernyataan dari VW, kapal yang disebut Felicity Ace ini mampu mengangkut 4.000 kendaraan sekaligus.

Anggota kru yang diselamatkan diangkut ke Pulau Failal Portugal. Menurut situs web pelacakan kapal FleetMon, kapal Felicity Ace, terapung di tengah Atlantik menunggu untuk ditarik ke tempat perlindungan terdekat.

Baca juga: Kapal Kargo Membawa 4.000 Mobil Porsche dan Volkswagen Terbakar di Laut, 22 Awak Diselamatkan

Kapal pengangkut ini diketahui sedang dalam perjalanan ke pelabuhan Davisville, Rhode Island dari Emden, Jerman ketika mengeluarkan sinyal marabahaya kebakaran yang dilaporkan di salah satu dek kargonya.

Baca juga: Kronologis Kapal Kargo Membawa 4.000 Mobil Porsche dan Volkswagen Terbakar di Laut

Tak lama setelah kecelakaan itu dilaporkan, blogger mobil Matt Farah mengatakan dia menerima telepon dari dealernya yang memberi tahu dia bahwa Porsche yang dia pesan ada di dalam pesawat. Pelanggan Porsche di forum internet juga mulai berspekulasi bahwa pesanan mereka terdampak akibat kebakaran itu..

Grup Volkswagen, yang memiliki Porsche, mengakui dalam sebuah pernyataan bahwa Felicity Ace mengangkut kendaraannya tetapi tidak merinci bagaimana pelanggan AS akan terpengaruh. Seorang juru bicara Porsche mengatakan kepada Quartz bahwa pihaknya telah melakukan kontak dengan perusahaan pelayaran, dan masih belum memiliki rincian tentang apa yang terjadi pada mobil tersebut.

Dia mengatakan masih terlalu dini untuk menentukan langkah Porsche selanjutnya. Namun dia menegaskan perusahaan berkomitmen untuk mendukung pelanggan dan dealer kami sebaik mungkin untuk menemukan solusi.

Jika kendaraan di atas Felicity Ace rusak, pihak Volkswagen bisa mengalami ‘sakit kepala’ karena itu bisa menimbulkan gangguan rantai pasokan yang sedang berlangsung terkait dengan pandemi virus corona.

Diketahui, produsen mobil itu mengirimkan 4,5% lebih sedikit mobil tahun lalu dibandingkan dengan 2020, dan pada bulan lalu mereka memperkirakan kemacetan rantai pasokan tetap tidak stabil selama paruh pertama tahun ini.

Sementara itu, Porsche, dianggap memiliki pengalaman mengelola kegagalan seperti ini, meskipun dalam skala yang relatif kecil. Produsen mobil mewah ini sempat memproduksi mobil kembali untuk menggantikan empat mobil sport seharga USD300.000 (Rp4,3 miliar) yang hilang di laut pada 2019.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini