Share

Foto-Foto Senjata Ukraina untuk Hadapi Rusia, dari AK47 hingga Tank

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 21 Februari 2022 20:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 21 18 2550861 foto-foto-senjata-ukraina-untuk-hadapi-rusia-dari-ak47-hingga-tank-3ylsmYJDOq.JPG Tentara Ukraina di garis depan wilayah konflik di Donetsk, Ukraina timur, 19 Februari 2022. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Ukraina tengah dilanda ketegangan menghadapi ratusan ribu pasukan Rusia yang bercokol di wilayah perbatasannya. Di tengah kemungkinan invasi dari Moskow, militer dan warga Ukraina mempersiapkan diri untuk membela Tanah Air mereka.

Meski di atas kertas kapabilitas militer Ukraina berada di bawah Rusia, kemampuan persenjataan negara bekas Uni Soviet itu tidak dapat dipandang enteng. Dengan bantuan rakyat yang turut mengangkat senjata dan tekad untuk berjuang mempertahankan negara mereka, militer Ukraina bersiaga untuk bertempur jika perang benar-benar pecah.

BACA JUGA: Kian Tegang, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Rusia dan Ukraina

Berikut beberapa foto-foto persenjataan militer Ukraina yang akan digunakan menghadapi serbuan yang mungkin terjadi.

Foto: Reuters.

Seperti banyak negara bekas Uni Soviet, senapan serbu AK-47 menjadi salah satu senjata utama yang digunakan dalam konflik. Meski militer Ukraina mendapatkan banyak pasokan persenjataan dari sekutu Baratnya, termasuk senapan serbu, AK-47 tetap banyak digunakan oleh pasukan cadangan dan warga sipil.

 

Tentara Ukraina di atas tank tempur di garis depan wilayah konflik di Desa Zaitseve, Donetsk, Ukraina, 19 Februari 2022. (Foto: Reuters)

Ukraina menggunakan tank T-84 sebagai tank tempur utama (main battle tank). Melansir Global Firepower, Ukraina diperkirakan memiliki 2.430 unit tank dan 11.435 kendaraan lapis baja, yang siap digunakan.

Selain tank dan kekuatan personilnya, militer Ukraina juga memiliki kemampuan artileri, yang jumlahnya melebihi 2.000 unit, termasuk persenjataan mortir yang saat ini banyak digunakan di wilayah Donbass, Ukraina timur.

Seorang tentara Ukraina di garis depan Desa Zaitseve wilayah Donetsk, 19 Februari 2022. (Foto: Reuters)

Hingga saat ini upaya diplomasi masih berjalan untuk mencegah pecahnya konflik bersenjata antara Ukraina dan Rusia, yang dikhawatirkan dapat memicu perang skala global.



1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini