Share

Awak Kapal Perang Moskva Terlihat Pertama Kalinya Usai Kapal Dinyatakan Tenggelam

Susi Susanti, Okezone · Senin 18 April 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 18 2580571 awak-kapal-perang-moskva-terlihat-pertama-kalinya-usai-kapal-dinyatakan-tenggelam-w4hTDy8zuB.jpg Awak kapal perang Moskva terlihat pertama kalinya usai kapal dinyatakan tenggelam (Foto: Reuters)

RUSIA - Kementerian pertahanan Rusia telah menerbitkan gambar yang menunjukkan awak kapal perang Moskva pertama kalinya sejak kapal itu dinyatakan tenggelam.

Sekelompok pelaut terlihat pada parade di kota pelabuhan Krimea Sevastopol, bertemu dengan Panglima Angkatan Laut Laksamana Nikolay Yevmenov. Moskow adalah unggulan Armada Laut Hitam.

Kementerian mengumumkan pada Kamis (14/4) malam bahwa Moskva telah tenggelam di lautan badai setelah kebakaran yang disebabkan oleh amunisi yang meledak. Namun Ukraina mengatakan telah menenggelamkan kapal itu dengan dua rudal Neptunus. Tenggelamnya kapal telah digambarkan sebagai pukulan besar bagi moral Rusia.

 Baca juga: Bantah Diserang Rudal Ukraina, Rusia: Kapal Perang Rusia Moskva Tenggelam

Rusia mengatakan pada saat itu bahwa para kru telah dibawa ke Sevastopol, sebuah pelabuhan utama Krimea, yang dicaplok Rusia dari Ukraina pada 2014. Namun, ini adalah pertama kalinya ada bukti yang ditawarkan tentang kelangsungan hidup setiap pelaut.

Baca juga: Ledakan Dahsyat dan Keras Terdengar di Kyiv Usai Kapal Perang Rusia Tenggelam

Video itu menunjukkan Laksamana Yevmenov dan dua petugas lainnya berdiri di lapangan parade di depan sekitar 100 pelaut. Tidak jelas kapan pertemuan itu berlangsung.

Dalam sebuah wawancara yang ditampilkan di akhir video, Laksamana Yevmenov mengatakan bahwa para perwira dan kru saat ini tinggal di pangkalan mereka di Sevastopol dan akan melanjutkan dinas mereka di angkatan laut.

Rusia belum melaporkan adanya korban jiwa dari kebakaran atau tenggelamnya kapal tersebut.

Namun, seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya yang dikutip oleh Reuters mengatakan Washington yakin ada korban.

Ukraina mengatakan kapten kapal, Anton Kuprin, tewas di kapal, tetapi BBC tidak dapat memverifikasi klaim tersebut.

Kapal penjelajah berbobot 12.490 ton itu adalah kapal perang Rusia terbesar yang ditenggelamkan sejak Perang Dunia Kedua.

Pada hari pertama invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, Moskva menjadi terkenal setelah menyerukan garnisun kecil pasukan perbatasan Ukraina yang mempertahankan Pulau Ular di Laut Hitam untuk menyerah - yang dengannya mereka mengirimkan pesan penolakan yang sarat dengan sumpah serapah.

Awalnya dibangun di era Soviet, Moskva mulai beroperasi pada awal 1980-an. Kapal itu sebenarnya dibangun di kota Mykolaiv di selatan Ukraina, yang telah dibom berat oleh Rusia dalam beberapa hari terakhir.

Kapal penjelajah rudal yang dipandu sebelumnya dikerahkan oleh Moskow dalam konflik Suriah di mana ia memasok pasukan Rusia di negara itu dengan perlindungan angkatan laut dari Mediterania.

Ini adalah kapal besar kedua yang hilang dari Rusia sejak dimulainya invasi ke Ukraina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini