Share

Fotokopi Karcis, Juru Parkir Wisata Pantai di Gunungkidul Ditangkap Polisi

Erfan Erlin, iNews · Senin 09 Mei 2022 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 09 510 2591405 fotokopi-karcis-juru-parkir-wisata-pantai-di-gunungkidul-ditangkap-polisi-LGAyBsMVy2.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

YOGYAKARTA - Diduga menggandakan karcis parkir resmi dan menaikannya sepihak, seorang oknum juru parkir Pantai Siung, Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus Gunungkidul ditangkap polisi. Juru parkir resmi tersebut kini diperiksa secara intensif jajaran Unit Tipikor Satreskrim Polres Gunungkidul.

Kanit Tindak Pindana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Gunungkidul Iptu Ibnu Ali membenarkan adanya oknum juru parkir yang diamankan tersebut. Namun, ia hanya memberi keterangan singkat jika yang bersangkutan tengah diperiksa.

"Saat ini, kami melakukan penyelidikan. Awalnya ada temuan pelanggaran yang dilakukan oknum tersebut. Itu Parkir resmi tapi tarifnya agak melebihi," katanya, Senin (9/5/2022).

 BACA JUGA:Melihat Alquran Tulisan Tangan Keturunan Majapahit di Gunungkidul

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto mengaku sudah mendapatkan informasi tersebut. Rakhmadian meminta aparat yang berwajib untuk memproses oknum tersebut sesuai aturan yang berlaku.

"Informasinya dia (oknum jukir) itu juga memfotocopy karcis parkir sendiri untuk digandakan," ujarnya.

Sebenarnya sudah berusaha melakukan penyelewengan perparkiran. Di mana, pihaknya sudah berkali-kali menyampaikan kepada pengelola agar mereka jangan melakukan pemungutan melebihi aturan yang berlaku.

Untuk memberi pelajaran dan efek jera, maka ia meminta Operasi Tangkap Tangan (OTT) harus diselesaikan secara hukum. Sehingga akan menjadi pembelajaran untuk yang lain agar tidak melakukan hal serupa.

Sementara itu, Kepala Bidang PJU dan Perparkiran Dishub Kabupaten Gunungkidul Eli Siswanta mengakui jika informasi terkait diamankannya oknum Jukir di Pantai Siung itu telah masuk ke jajarannya.

"Secara detail belum mengetahui identitas pelaku dan kronologi lengkap diamankannya yang bersangkutan," ujarnya.

BACA JUGA:Waspada, Penipuan Atas Nama Bupati Bogor Ade Yasin 

Eli menerangkan, sesuai peraturan, khusus tempat wisata tarif parkir untuk sepeda Onthel yakni Rp1.000, sepeda motor Rp3.000, mobil Rp5.000 dan bus kecil Rp8.000. Sementara itu untuk bus sedang Rp10.000, bus besar Rp15.000.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini