Share

Dilengkapi Kafetaria, Jaringan Bunker Finlandia Siap Lindungi Warga dari Serangan Nuklir Hingga Kimia

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 19 Mei 2022 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 18 2596084 dilengkapi-kafetaria-jaringan-bunker-finlandia-siap-lindungi-warga-dari-serangan-nuklir-hingga-kimia-7fdF0P0mFz.jpg Lapangan sepakbola di salah satu bunker nuklir Finlandia. (Foto: Bloomberg/Getty Images)

JAKARTA – Finlandia memiliki jaringan bunker bawah tanah yang telah dibangun sejak 1980-an. Bunker-bunker ini dapat sewaktu-waktu digunakan untuk melindungi warganya dari serangan nuklir dan bahan kimia beracun.

Diwartakan CNBC, jaringan bunker ini terletak sekira 18 meter di bawah tanah dan dapat menampung hingga 6.000 orang. Berbeda dengan gambaran bunker yang gelap dan lembab, tempat perlindungan ini terang, bersih dan hangat.

Jaringan bunker ini bahkan memiliki fasilitas termasuk lapangan sepak bola, taman bermain anak, kafetaria, dan tempat parkir mobil.

Terdapat 5.500 bunker tersebar di seluruh ibu kota Helsinki, yang tahan ledakan, kedap gas, radiasi dan bahan kimia beracun untuk melindungi warga dari segala jenis serangan.

Bunker yang saat ini digunakan sebagai fasilitas publik dapat diubah menjadi tempat perlindungan dalam waktu 72 jam jika terjadi serangan.

BACA JUGA: Finlandia Punya 5.500 Bunker Nuklir, Dilengkapi Kafetaria Hingga Lapangan Bola

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini