Share

Wanita di India 36 Tahun Menyamar Jadi Pria Demi Bisa Aman Membesarkan Anaknya

Tim Okezone, Okezone · Rabu 18 Mei 2022 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 18 2596215 wanita-di-india-36-tahun-menyamar-jadi-pria-demi-bisa-aman-membesarkan-anaknya-GHBVbDFpgN.jpg Petchiammal/The New Indian Express

JAKARTA - Seorang wanita berusia 57 tahun di Thoothukudi, India, mengklaim dirinya menyamar sebagai seorang pria selama 36 tahun untuk membesarkan putri tunggalnya dengan aman dalam masyarakat patriarki.

Dikutip dari The New Indian Express, perempuan bernama Petchiammal yang berasal dari Desa Kattunayakanpatti yang terletak 30km dari Kota Thoothukudi, mengatakan dia harus menjadi 'Muthu' setelah kematian mendadak suaminya.

"Saya kehilangan suami saya hanya 15 hari setelah menikah. Saya berusia 20 tahun saat itu dan segera saya melahiran Shanmugasundari," ungkap Petchiammal saat diwawncarai The New Indian Express.

"Saya memutuskan untuk tidak menikah lagi. Tapi membesarkan anak sendirian ternyata sulit. Saya bekerja di lokasi konstruksi, hotel, dan toko teh. Tapi saya mengalami pelecehan di semua tempat ini," tambahnya.

Menghadapi ejekan dan kesulitan seksual, Petchiammal pergi ke Kuil Tiruchendur Murugan, mengganti pakaiannya menjadi kemeja dan lungi, dan mengubah namanya menjadi Muthu.

"Kami bermukim kembali di Kattunayakkanpatti lebih dari 20 tahun yang lalu. Hanya kerabat dekat saya di rumah dan putri saya tahu bahwa saya seorang wanita," katanya.

(bul)

Meski Shanmugasundari kini sudah menikah, Petchiammal belum siap mengganti pakaiannya.

Ia menyebutkan bahwa identitas ini memastikan kehidupan yang aman bagi putrinya.

"Saya akan tetap (menjadi) Muthu sampai saya mati," katanya.

Dalam beberapa kartu identitasnya, Petchiammal pun tercatat sebagai seorang pria.

Tidak dapat melakukan kerja paksa lagi, Petchiammal memperoleh kartu pekerjaan MGNREGS setahun yang lalu dengan identitas wanita.

"Saya tidak punya rumah atau punya tabungan. Saya juga tidak bisa mengajukan sertifikat jana. Karena saya terlalu tua untuk bekerja, saya meminta pemerintah untuk menawarkan saya bantuan uang," katanya.

Berbicara kepada TNIE, Kolektor Dr K Senthil Raj mengatakan dia akan memeriksa apakah manfaat di bawah skema kesejahteraan sosial dapat diperluas ke Petchiammal.

 (bul)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini