Share

Awas! Ruas Jalan Penghubung Lebak-Sukabumi Longsor

Antara, · Sabtu 21 Mei 2022 00:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 340 2597718 awas-ruas-jalan-penghubung-lebak-sukabumi-longsor-eGzQcAGPjm.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

LEBAK - Ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Lebak-Sukabumi terdampak longsor. Sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan karena curah hujan cenderung meningkat pada Jumat 20 Mei 2022 sore hingga malam di daerah itu.

"Kami hingga malam ini tengah memperbaiki ruas jalan yang longsor itu, tepatnya di Kampung Cinyiru, Kecamatan Lebak Gedong dengan ketinggian sekitar 100 meter," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizky Pratama saat dihubungi di Lebak, Banten.

BACA JUGA:Diguyur Hujan Deras, Rumah Warga Ambruk dan Longsor Melanda Bogor 

Perbaikan ruas jalan longsor tersebut melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Banten dan Kabupaten Lebak.

Petugas menggunakan alat berat untuk mengatasi longsor tanah di lokasi yang menghubungkan Cipanas- Lebak Gedong-Citorek, Kabupaten Lebak hingga perbatasan Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

"Kami berharap malam ini juga ruas jalan itu bisa kembali dilintasi kendaraan," katanya.

Dia mengatakan, ruas jalan yang menghubungkan Provinsi Banten-Jawa Barat itu, vital untuk menopang pertumbuhan perekonomian masyarakat di wilayah selatan dan melintasi kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Selama ini, ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Lebak dan Sukabumi itu rawan longsor, karena topografinya perbukitan dan pegunungan, terlebih jika hujan deras hingga lebih dari empat jam.

"Kami minta sopir istirahat dan menghentikan perjalanan jika berlangsung cuaca buruk karena berpotensi terjadi longsor," ujarnya.

Ia mengatakan, selama ini ruas jalan yang melintasi kawasan TNGHS sebagai alternatif untuk mempercepat arus transportasi dari Sukabumi menuju Tangerang dan Bogor.

Selain itu, ruas jalan tersebut cukup ramai dan padat setelah adanya kawasan wisata "Negeri di Atas Awan". Banyak wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi kawasan wisata alam tersebut.

"Kami berharap wisatawan yang menggunakan kendaraan hati-hati jika melintasi ruas jalan TNGHS guna menghindari kecelakaan," katanya.

Petugas Pengelola Jalan dan Jembatan Wilayah Kabupaten Lebak Dinas PUPR Provinsi Banten Kuncoro mengatakan, pihaknya saat ini mengerahkan kendaraan alat berat untuk memperbaiki ruas jalan yang terdampak longsor di Kampung Cinyiru, Kecamatan Lebak Gedong.

"Kami menargetkan malam ini sudah bisa dilintasi kendaraan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini