Share

DPRD Medan Siapkan Perda untuk Lindungi UMKM Lokal

Antara, · Jum'at 03 Juni 2022 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 608 2604901 dprd-medan-siapkan-perda-untuk-lindungi-umkm-lokal-FP0Z2Oafsd.jpg Ilustrasi UMKM/ Foto: Okezone

MEDAN - DPRD Kota Medan, Sumatera Utara, mulai menggodok peraturan daerah (perda) guna memaksimalkan kemajuan dan sekaligus melindungi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal di daerah ini.

"Untuk mendukung kemajuan pemasaran produk pelaku UMKM di Kota Medan, maka perlu ada perda yang mengatur segala ketentuan keberadaan UMKM," kata Ketua Komisi III DPRD Kota Medan, Afif Abdillah, dikutip dari Antara Jumat (3/6/2022).

Menurutnya keberadaan pelaku UMKM di ibu kota Provinsi Sumatera Utara terkesan masih diabaikan dan terpinggirkan, karena kehadiran pasar modern di daerah ini.

Oleh karenanya dalam perda itu nanti akan mengatur keberadaan pasar modern, pasar tradisional dan bahkan toko daring supaya pasar modern tidak menindas pedagang kecil di Kota Medan

Data Dinas Koperasi UKM Kota Medan menyebutkan jumlah pelaku UMKM sebanyak 27.753 unit terdiri dari usaha mikro 22.213 unit, usaha kecil 5.447 unit, dan usaha menengah 103 unit.

"Dinas Perdagangan serius membantu permasalahan UMKM selama ini. Tujuan kita agar UMKM ini benar-benar diperhatikan pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucap Afif yang juga Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Medan.

(NAN)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini