Share

4 Negara yang Sudah Berhasil ke Luar Angkasa, AS dan Rusia Bersaing Ketat!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 07 Juni 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 18 2606667 4-negara-yang-sudah-berhasil-ke-luar-angkasa-as-dan-rusia-bersaing-ketat-qnP71mAcjJ.jpg Roket yang membawa pesawat luar angkasa Shenzou-12 meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Provinsi Gansu, China, 17 Juni 2021. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Perjalanan ke luar angkasa merupakan salah satu kebanggaan sebuah negara apabila berhasil melakukannya. Tidak heran, perlombaan mengirim antariksawan ke luar angkasa sempat terjadi pada era Perang Dingin. Saat itu, negara di dunia berlomba-lomba menunjukkan kemampuannya di bidang teknologi dan sains demi mendapatkan pengaruh terhadap negara lain.

BACA JUGA: Rusia dan China Bekerjasama untuk Misi ke Bulan

Berikut negara-negara yang sudah berhasil ke luar angkasa sebagaimana dirangkum Tim Litbang MPI:

1. Amerika Serikat

Negeri Paman Sam ini sempat berambisi untuk mengirim astronotnya ke luar angkasa. Peluncuran roket Saturn 1 pada 17 Oktober 1961 merupakan program antariksa pertama Amerika Serikat. Setelahnya, NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat) terus mengembangkan pesawat ruang angkasa lain, terutama untuk misi Apollo ke bulan.

Misi Apollo berhasil diluncurkan pada 27 Januari 1967. Sayangnya, beberapa percobaan peluncuran mengalami kegagalan hingga menewaskan tiga astronot terbaik NASA. Namun akhirnya, pada 20 Juli 1969, Amerika Serikat berhasil mewujudkan ambisinya untuk mendaratkan manusia ke bulan dan kembali ke bumi dengan selamat.

BACA JUGA: NASA Ungkap 7 Tahapan Misi Kembali ke Bulan pada 2024

2. Rusia

Rusia diketahui bersaing ketat dengan Amerika Serikat (AS) dalam hal industri antariksa. Ketika masih menjadi Uni Soviet, pada 1959, negara ini berhasil mengirim wahana tak berawak Luna 2 ke permukaan bulan menggunakan roket Sputnik. Beberapa tahun setelahnya, Uni Soviet berhasil mengirim wahana Luna 9 dan Luna 13 dan mengambil gambar permukaan bulan.

Misi Luna 16 pada 24 September 1970 membuahkan hasil, di mana Uni Soviet mendapat contoh batu permukaan bulan dan membawanya ke bumi. Misi Luna 20 pada 1972 dan Luna 24 pada 1976 melanjutkan kesuksesan Uni Soviet untuk mengirimkan pesawat ke bulan.

Soviet juga berhasil mengirim astronotnya, Yuri Gagarin dalam misi bersejarah Gagarin pada 12 April 1961.

3. China

China telah beberapa kali mengirimkan misi luar angkasa. Pada Agustus 2020, Negeri Tirai Bambu ini meluncurkan satelit Observasi Bumi menggunakan roket Long March 2D. Informasi mencatat bahwa misi luar angkasa tersebut merupakan misi China yang ke-22.

4. Jepang

Jepang memang terkenal dengan perkembangan teknologinya yang luar biasa. Prestasi tersebut tentu membuat Jepang semangat membuktikan kemampuannya untuk melakukan misi luar angkasa.

Jepang lantas mengirim pesawat luar angkasa pertamanya bernama Hayabusa 2. Peluncuran Hayabusa 2 dimaksudkan untuk meneliti asteroid Ryugu di dekat bumi. Pada Februari 2020, Badan Antariksa Jepang (JAXA) juga mengumumkan akan meluncurkan misi ke salah satu bulan dari planet Mars.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini