Share

Arab Saudi Akan Rayakan Idul Adha pada 9 Juli

Susi Susanti, Okezone · Kamis 30 Juni 2022 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 18 2620983 arab-saudi-akan-rayakan-idul-adha-pada-9-juli-QBi0KsWrKA.jpg Arab Saudi akan merayakan Idul Adha pada 9 Juli 2022 (Foto: Morocco World News)

SAUDI - Arab Saudi akan merayakan Idul Adha pada 9 Juli, sesuai dengan penampakan bulan sabit Dzulhijjah, bulan kedua belas dan terakhir dalam kalender Islam.

Otoritas Saudi melihat bulan sabit untuk Dhu Al Hijjah malam ini pada Kamis (30/6/2022) waktu setempat, yang akan menandai hari pertama bulan Islam. Karena itu, Idul Adha akan jatuh pada tanggal 9 Juli, yang akan menjadi hari kesepuluh Dzulhijjah.

Arab Saudi juga mengumumkan 8 Juli sebagai hari Arafah, hari kesembilan Dzulhijjah dan salah satu hari paling suci dalam kalender Islam.

Baca juga:  5 Fakta Penetapan 1 Dzulhijjah Sekaligus Idul Adha 1443H, Pemerintah dan Muhammadiyah Berbeda

Pada hari itu, umat Islam yang melakukan haji ke Mekah berduyun-duyun ke gunung Arafah. Muslim percaya bahwa Nabi Muhammad memberikan salah satu khotbahnya di hari-hari terakhir hidupnya di situs suci.

 Baca juga: Sama dengan Pemerintah, PBNU Tetapkan Idul Adha 1443 H Minggu 10 Juli 2022

Peziarah biasanya menghabiskan sepanjang hari selama Arafat untuk berdoa (Ashar) dan membaca Al-Qur'an.

Pusat Astronomi Internasional memperkirakan sebagian besar negara akan merayakan Idul Adha pada Sabtu, 9 Juli.

Sementara itu, beberapa negara, termasuk Maroko, diperkirakan akan merayakan Idul Adha pada 10 Juli.

Selama Idul Adha, umat Islam mengorbankan domba, domba, kambing, atau sapi untuk memperingati kesediaan Nabi Ibrahim (Abraham) untuk mengorbankan putranya Ismail atas perintah Tuhan.

Namun, karena puas dengan pengabdian Abraham yang tak tergoyahkan, Tuhan mengirimnya seekor domba dan memintanya untuk mengorbankan hewan itu sebagai ganti putranya.

Umat Muslim di seluruh dunia merayakan Idul Adha dengan cara yang kurang lebih sama, dengan pagi hari ditandai dengan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban. Ini diikuti dengan makan bersama, pertemuan keluarga, dan kunjungan ke para saudara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini