Share

MI5 dan FBI Beri Peringatan Soal Ancaman China

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 08 Juli 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 18 2625559 mi5-dan-fbi-beri-peringatan-soal-ancaman-china-5B7mWItuPC.jpg Kepala MI5 Ken McCallum dan Direktur FBI Christopher Wray. (Foto: UK Pool via ITN)

LONDON – Dinas keamanan Inggris dan Amerika Serikat (AS) membuat pernyataan bersama untuk memperingatkan akan ancaman dari China. Ini merupakan kali pertama kepala MI5 Inggris dan Biro Penyelidik Federal AS (FBI) tampil bersama.

Direktur FBI Christopher Wray mengatakan China adalah "ancaman jangka panjang terbesar bagi keamanan ekonomi dan nasional” dan menuding Beijing mencampuri pemilihan umum Negeri Paman Sam baru-baru ini.

Dia juga memperingatkan niat China untuk menyatukan kembali Taiwan dapat berdampak besar pada perekonomian dunia. Invasi China terhadap Taiwan akan menimbulkan gangguan ekonomi yang jauh lebih besar dari konflik antara Rusia dan Ukraina tahun ini, menurut Wray.

Sementara Kepala MI5 Ken McCallum mengatakan bahwa dinasnya telah bekerja lebih dari dua kali lipat melawan aktivitas China dalam tiga tahun terakhir. Menurutnya, MI5 sekarang menjalankan tujuh kali lebih banyak investigasi terkait kegiatan Partai Komunis China dibandingkan pada 2018.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

McCallum mengatakan bahwa ancaman dari Partai Komunis China (PKC) termasuk dari dunia maya dan kegiatan mata-mata dan pencurian informasi. Dia mencontohkan upaya pihak China untuk terhadap seorang ahli penerbangan Inggris dan kegiatan terduga agen PKC Christine Lee di parlemen Inggris.

BACA JUGA: Pertama dalam Sejarah, FBI dan MI5 Kompak Peringatkan Ancaman Besar dari China

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini