Share

Semarak dan Meriahnya Peringatan HUT Ke-77 RI di UEA

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 18 Agustus 2022 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 18 2649971 semarak-dan-meriahnya-peringatan-hut-ke-77-ri-di-uea-cKMFyP56H8.jpg Foto: KBRI Abu Dhabi.

ABU DHABI – Memperingati dan menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia, KBRI Abu Dhabi di Uni Emirat Arab (UEA) menggelar berbagai kegiatan dan lomba-lomba. Setidaknya ada 10 lomba dan 5 kegiatan yang dilaksanakan, selain Upacara Bendera 17 Agustus 2022 di halaman KBRI.

Aneka lomba dilakukan sejak 2 Juli hingga 7 Agustus 2022, di antaranya Badminton, Aneka Lomba Anak, Tenis Meja, Catur, Karaoke, Gaple, Memancing, dan Bowling. Pertandingan Bowling adalah lomba yang paling banyak diikuti masyarakat Indonesia (107 peserta).

BACA JUGA: Ustadz Abu Bakar Ba'asyir Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-77 RI

Pelaksanaan aneka lomba tersebut dilakukan sebagai ajang mempertemukan semua unsur masyarakat Indonesia dan memperkokoh rasa solidaritas antar warga negara Indonesia (WNI).

KBRI juga mengadakan Webinar “Membangun Nasionalisme Menuju Indonesia Emas 2045”, Indonesian Film Week, Promosi Indonesia Spice Up The World di Lulu hypermarket, Panggung Gembira, serta Resepsi Diplomatik.

Pada Indonesian Film Weekdi Manarat Al Saadiyat tanggal 13-14 Agustus 2022, KBRI bekerja sama dengan berbagai pihak telah berhasil menayangkan 5 film Indonesia yakni “Laskar Pelangi”, “Lewat Djam Malam”, “Kartini”, “Uang Panai”, dan “KKN di Desa Penari”. Jika ditotal jumlah penonton dari masing-masing film, maka terdapat sekira 514 penonton yang hadir, yang terdiri dari WNI dan warga negara asing (WNA) dari 14 negara.

BACA JUGA: Promosikan Indonesia, Dubes Husin Bagis Ajak WNA Tonton Film Horor di Abu Dhabi

Sebagai tambahan, pada 17 Agustus 2022 malam, setidaknya 16 gedung/landmark di UEA, termasuk Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia,menyalakan lampu merah putih sebagai penghormatan atas peringatan 77 tahun kemerdekaan RI dan menandai kedekatan hubungan Indonesia dengan UEA. Warga Indonesia merayakan kemeriahan lampu Merah Putih dengan mengenakan pakaian bernuansa Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di sekitar gedung-gedung dimaksud.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Masyarakat Indonesia di UEA sangat bersukacita atas berbagai kegiatan yang dilakukan KBRI Abu Dhabi dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI. Menurut mereka, berbagai lomba dan kegiatan yang dilakukan KBRI menjadi wadah untuk berkumpul, membangun kebersamaan, dan khususnya mengobati rindu tanah air.

“Setiap tahun kami pasti melakukan rangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan RI sebagai upaya untuk menanamkan nasionalisme serta rasa cinta tanah air pada WNI yang berada di UEA. Selain itu, ada juga beberapa kegiatan yang dilakukan untuk mempromosikan berbagai budaya, produk, serta potensi yang dimiliki oleh Indonesia kepada para mitra KBRI di UEA, termasuk kalangan diplomatik, pebisnis, dan khususnya orang lokal,” kata Husin Bagis, Duta Besar RI untuk UEA.

“Saya berharap semua WNI di UEA dapat turut menjadi bagian dalam mewujudkan Indonesia yang maju, sejahtera, dan damai sentosa. Mari kita terus dukung dan doakan agar Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat, sesuai slogan HUT RI ke-77,” tutup Husin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini