Share

Kasus Kedua Anjing Terinfeksi Cacar Monyet, Picu Peringatan Isolasi

Susi Susanti, Okezone · Kamis 18 Agustus 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 18 2650019 kasus-kedua-anjing-terinfeksi-cacar-monyet-picu-peringatan-isolasi-UXB91tSYAi.jpg Ilustrasi anjing terkena cacar monyet (Foto: Pixabay)

NEW YORK - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan seekor anjing terinfeksi cacar monyet setelah tertular virus dari pemiliknya.

Ini adalah kasus pertama dari jenisnya yang dilaporkan secara resmi. Para pejabat kesehatan mengatakan mengisolasi dari hewan peliharaan ketika terinfeksi adalah penting.

Adapun kasus pertama penularan cacar monyet dari manusia ke anjing terjadi di Paris dan dilaporkan di The Lancet.

Dua pria - yang tinggal di rumah yang sama - yang berhubungan seks dengan pria melihat lesi pada anjing greyhound mereka 12 hari setelah mereka mulai mengalami gejala.

Laporan itu mengatakan analisis genetik menunjukkan bahwa virus yang menginfeksi anjing sama persis dengan virus yang menginfeksi pria. Mereka mengatakan telah tidur bersama dengan anjing peliharaan mereka.

Baca juga: Wabah Cacar Monyet Melonjak, WHO Prihatin 10 Monyet Diracun di Brasil 

"Ini belum pernah dilaporkan sebelumnya, dan kami yakin ini adalah kasus pertama dari seekor anjing yang terinfeksi," kata Dr Rosamund Lewis, pimpinan teknis penanggulangan cacar monyet di WHO, dikutip BBC.

Baca juga: Penyelamatan Anjing Terbesar di AS, 4.000 Anjing Berhasil Diselamatkan dari Eksperimen Pengobatan

Dr Mike Ryan, Direktur program kedaruratan kesehatan, mengatakan itu kasus itu "tidak terduga".

"Tetapi apa yang tidak ingin kita lihat terjadi adalah penyakit berpindah dari satu spesies ke spesies berikutnya, dan kemudian tetap berada di spesies itu (dan) bergerak di dalam spesies baru karena saat itulah virus dapat beradaptasi, dan kemudian beradaptasi dengan spesies baru itu. spesies (virus) diberi insentif untuk berevolusi seperti itu,” terangnya.

"Ini pertama kalinya, jadi itu berarti anjing dapat terinfeksi, tetapi itu tidak berarti bahwa anjing dapat menularkan penyakit dan menginfeksi anjing lain, juga tidak. apakah itu berarti anjing dapat menginfeksi kembali manusia jika terinfeksi,” ujar Dr Sylvie Briand, Direktur kesiapsiagaan bahaya infeksi global di WHO.

WHO juga memperingatkan perlunya membuang sampah dengan hati-hati untuk mengurangi risiko menginfeksi hewan lain.

Seorang ahli mengatakan tidak ada bukti bahwa anjing dapat menularkan penyakit ke anjing lain atau manusia.

Cacar monyet menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit yang dekat dan juga ketika seseorang menyentuh kain - seperti pakaian, tempat tidur, atau handuk - yang telah digunakan oleh seseorang dengan virus.

Sekitar 35.000 kasus kini telah dikonfirmasi di seluruh dunia, dengan sebagian besar di Eropa dan Amerika Utara dan Selatan. Ada 12 kematian terkait dengan wabah tersebut.

Cacar monyet dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat global oleh WHO pada bulan Juli.

Menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris, setelah peningkatan tajam dalam kasus cacar monyet di Inggris sejak Mei, kasus mulai menurun.

Itu terjadi ketika pasokan vaksin Inggris akan habis sampai pengiriman baru 100.000 suntikan tiba sekitar September mendatang.

Persediaan vaksin untuk melindungi dari cacar monyet saat ini terbatas di seluruh dunia.

Ada peningkatan 20% dalam kasus yang dilaporkan selama seminggu terakhir, yang juga 20% lebih banyak dari minggu sebelumnya.

Sebagian besar kasus terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan pria. Para pemimpin kesehatan global menekankan pentingnya semua negara untuk memberikan informasi kepada komunitas ini untuk membantu melindungi kesehatan mereka.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini